Risiko Kontaminasi Silang? Lakukan Cara Ini Untuk Membuang Masker Setelah Pakai - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Risiko Kontaminasi Silang? Lakukan Cara Ini Untuk Buang Masker Setelah Pakai
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Risiko Kontaminasi Silang? Lakukan Cara Ini Untuk Membuang Masker Setelah Pakai

SATUKANAL.com, NASIONAL– Cara membuang masker sekali pakai tidak boleh sembarangan, karena bisa menimbulkan risiko kontaminasi silang atau bahaya biologis. Sebenarnya dalam membuang masker harus berhati-hati.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk membuang masker ke tempat sampah dengan cara yang tepat segera setelah digunakan dan tidak menggunakannya kembali. Masker ini tidak boleh dibuang di tempat sampah daur ulang dengan kemasan, kaleng dan sejenisnya.

Masker juga tidak boleh dibuang dengan sampah organik atau sampah rumah tangga. Sebaiknya, masker sekali pakai dibungkus dengan dua kantong plastik kecil. Lalu diikat dengan kuat sebelum dibuang ke tempat sampah. Bagi masker yang dipakai orang terinfeksi Covid-19. ,bersihkan terlebih dahulu dengan desinfektan sebelum dibuang.

WHO juga menyebut , menggunakan masker merupakan salah satu langkah penting, selain menjaga jarak dan mencuci tangan. Sayangnya, penggunaan masker menimbulan masalah lingkungan. Sampah masker menumpuk dan meegotori lingkungan terutama laut. Rata-rata sampah masker adalah masker sekali pakai. Selain bisa melindungi dari paparan virus, masker ini dianggap lebih simple dan sekali pakai. Jadi, tidak perlu dicuci setelah digunakan.

Baca Juga :  3 Hal Mengenai Asal-Usul Penamaan Imlek Pada Tahun Baru China

 Berikut penjelasan mengenai cara memakai dan membuang masker sekali pakai:

1.Membersihkan Tangan Sebelum Memakai Masker

Sebelum memakai masker, cuci tangan menggunakan air mengalir terlebih dahhulu atau gunakan handsanitizer. Cara ini dilakukan untuk mencegah virus atau kuman yang menempel di tangan ikut terkena masker. Sehingga, masker yang digunakan juga dalam keadaan bersih.

2.Menggunanakan Masker Dengan Tepat

Masker yang digunakan harus dapat menutupi mulut dan hidung. Pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker yang dapat mmebuat udara masuk. Jangan menyentuh masker selama menggunakannya. Apabila melakukannya, segera bersihkan tangan denga sabun dan air mengalir.

3.Membuang Masker Setelah Dipakai

Jangan pernah menggunakan kembai masker sekali pakai yangtelah digunakan. Ganti dengan yang baru apabila hendak menggunakan masker. Jangan lupa untuk membuangnya ke tempat sampah. Gunakan cara yang baik untuk membuang masker sekali pakai.

Baca Juga :  Dinyatakan Positif Covid-19 Pasien di Banyuwangi Keluarkan Biaya Jutaan Rupiah

4.Cuci Tangan Kembali

Saat melepas masker, sentuh bagian belakang atau tali masker. Hindari menyentuh area depan masker. Setelah itu buang segera masker yang sudah dipakai ke tempat sampah tertutup. Lalu, cuci tangan dengan handsanitizer atau sabun dan air mengalir.

Setelah tahu bagaimana cara tepat dalam menggunakan masker, begini cara tepat membuang masker yang telah dipakai:

  • Saat melepas masker jangan sentuh bagian depannya
  • Siapkan kantong plastik lebih dari satu
  • Masukkan masker setelah pakai ke dalam kantong tersebut
  • Gunakan dua lapis kantong plastik, jangan Cuma satu
  • Ikat erat kantong plastik yang di dalamnya ada masker yang telah dipakai
  • Buang di tempat sampah
  • Bagi orang yang terinfeksi Covid-19, sebelum dibuang masker harus disemprot desinfektan terlebih dahulu
  • Usahakan untuk membuang masker tanpa membungkusnya sama sekali ke tempat apalagi membuangnya langsung bersama sampah kaleng dan sampah dapur lainnya

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait