Ringankan Perekonomian Pekerja Seni dan Pelaku Usaha, Pemkot Batu Berikan BST Profesi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ringankan Perekonomian Pekerja Seni dan Pelaku Usaha, Pemkot Batu Berikan BST Profesi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ringankan Perekonomian Pekerja Seni dan Pelaku Usaha, Pemkot Batu Berikan BST Profesi

SATUKANAL.com, BATU– Pemerintah Kota (Pemkot) Batu memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) Profesi kepada sedikitnya 485 pelaku usaha dan pekerja seni di Kota Batu. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh petugas Dinas Pariwisata (Disparta) dan Dinas Sosial (Dinsos) di Gedung Kesenian Kota Batu pada Senin (28/12/2020).

Pemberian Bantuan Sosial Tunai Profesi (BSTP) tersebut diberikan untuk bulan Oktober sampai Desember sekaligus dengan total bantuan yang diterima setiap orang sebesar Rp 900 ribu. BST Profesi ini dimaksudkan untuk membantu para pelaku wisata seperti pekerja hotel, restoran, destinasi, pelaku seni, pemandu wisata hingga pemilik homestay yang terdampak pandemi covid-19.

“BSTP yang diberikan ini hasil usulan beberapa OPD. Bantuan ini diberikan kepada warga yang perekonomiannya mengalami keterpurukan akibat terdampak covid-19,” ujar Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Baca Juga :  Anal Swab Metode Deteksi Covid-19 Tren di China, Apakah Potensi Penularan Bisa Melalui Kentut?

Sebelumnya, Dinas Pariwisata telah mengusulkan sejumlah penerima BST khususnya bagi pekerja yang terdampak. Kemudian, data calon penerima tersebut diverifikasi. Setelahnya penerima BST profesi ini baru ditentukan.

Selain Disparta, ada juga usulan dinas lain seperti Dinas Perhubungan, Diskumdag, Dinas Pertanian serta Dinas Pendidikan. Untuk Dinas Pendidikan mengusulakn sebanyak 56 penerima bantuan. Penerima bantuan yang diusulkan merupakan warga kurang mampu yang berprofesi sebagai penjaga sekolah, penjaga kantin aatau tukang kebersihan.

Selanjutnya, ada Dinas Perhubungan (Dishub) yang mengusulkan sebanyak 300 penerima bantuan untuk sopir angkot. Sedangkan dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) ada sebanyak 179 penerima yang berprofesi sebagai pedagang pasar.

Baca Juga :  PPKM Mikro, Tekan 271 RT Berzona Kuning di Kabupaten Kediri

Sedangkan Dinas Pertanian juga mengusulkan 73 petani. Serta DPMPTSP Naker mengusulkan sebanyak 20 penerima dari para pekerja yang dirumahkan atau korban PHK.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santosa berharap dengan bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk menopang perekonomia para pelaku jaasa wisata dan ekerja seni yang saat ini sedang mengalami sepi order. Punjul juga menambahkan jika anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 436 juta untuk bantuan tersebut.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait