Rilis Pemantauan Pemungutan Suara PILKADA Kabupaten Malang 2020 | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Rilis Pemantauan Pemungutan Suara PILKADA Kabupaten Malang 2020
Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020
BERITA HIGHLIGHT KABUPATEN MALANG STRAIGHT NEWS

Rilis Pemantauan Pemungutan Suara PILKADA Kabupaten Malang 2020

SATUKANAL.com, MALANG – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Kabupaten Malang berlangsung tepat pada hari ini tanggal 9 Desember 2020. Dalam pesta demokrasi yang dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19 ini, Satukanal.com melakukan pemantauan Pilkada dengan metode pelaporan partisipatif secara daring dan menempatkan anggota pemantau di beberapa lokasi TPS.

Metode pelaporan partisipatif dilakukan melalui penyebaran form pengaduan online kepada masyarakat. Sampai sejauh ini hingga ditutupnya TPS pukul 13.00 WIB, Satukanal.com telah mendapatkan beberapa laporan dan melakukan verifikasi data atas form pengaduan yang telah diisi oleh masyarakat.

Dari hasil verifikasi tersebut, tidak ditemukannya bentuk pelanggaran terkait pelaksanaan pemungutan suara dan hal-hal lain yang melanggar ketentuan pelaksanaan PILKADA Kabupaten Malang.
Berdasarkan laporan dari anggota pemantau yang telah Satukanal.com tempatkan di beberapa TPS di Kabupaten Malang sampai sejauh ini dari beberapa titik yang dipantau, belum ditemukan terkait adanya pelanggaran protokol kesehatan dari pihak penyelenggara maupun pemilih dalam gelaran Pilkada kali ini.

Baca Juga :  Simak ! Ini Sanksi Bagi Pelanggar PPKM Di Kota Malang, Batu dan Surabaya

Penyelenggara Pilkada dan Pemilih telah menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan melakukan cek suhu tubuh kepada pemilih, memakai masker dan face shield, diberlakukan dan disediakan tempat untuk cuci tangan para pemilih, diberikan sarung tangan plastik sekali pakai kepada pemilih.

Selain itu juga tidak ditemukan terkait bentuk-bentuk pelanggaran lainnya seperti adanya alat peraga kampanye yang masih terpasang di sekitar lokasi TPS dan juga tidak ditemukan terkait relawan pasangan calon yang menggunakan atribut yang digunakan sebagai alat kampanye ke lokasi TPS dan pemaksaan kepada pemilih untuk memilih salah satu calon.

Baca Juga :  Pemkot Pantau Kesiapan Gereja Di Malang Jelang Perayaan Natal

Tidak hanya laporan terkait pelanggaran dan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada, anggota pemantau Pilkada Satukanal.com yang ditempatkan di lokasi TPS menyebutkan masih minimnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Hal ini dikarenakan kekhawatiran mereka melihat meningkatnya kasus pasien positif COVID-19 di wilayah Kabupaten Malang.

 

 

 

Pewarta : Yuniar, Andri Suryo, Ruhul
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait