SATUKANAL.COM
Ribuan APK Bermasalah Diberedel Bawaslu Kabupaten Kediri
Foto : Penindakan APK bermasalah oleh Satpol PP Kabupaten Kediri.
BERITA ISU PILIHAN POLITIK STRAIGHT NEWS

Ribuan APK Bermasalah Diberedel Bawaslu Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri, melakukan penertiban pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK)di wilayah Kabupaten Kediri  (7/10/2020).

Hal tersebut merupakan kajian dari penemuan Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) terdapat pelanggaran APK sebanyak 2036 di seluruh Kecamatan Kabupaten Kediri.

Sukari, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kediri, Divisi Penindakan Pelanggaran mengatakan, seluruh kecamatan telah didapati melaukan pelanggaran APK. Pelanggaran tersebut terkait dengan pemasangan ataupun penempatan APK secara keseluruhan total 2036.

“Saya menyampaikan ada 2152 pelanggaran APK, dengan hari ini sudah berkembang lagi menjadi 2036. Nah ini artinya ada pergerakan pemasangan APK” katanya.

Terkait dengan ini perkembangan pelanggaran APK tersebut, Sukari menjelaskan hasil kajian tersebut dikomendasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 30 September kemarin.

Baca Juga :  Ikan Komet Diburu Pecinta Ikan Hias

“Alhamdulillah jajaran KPU langsung menindak lanjuti dan sudah mengirimkan surat peringatan untuk partai politik pengusung maupun tim kampanye. Selanjutnya itu kita memberikan tenggang waktu 1 kali 24 jam untuk waktu luang dari KPU.

“Jika dalam waktu 1 kali 24 jam tersebut tidak dilaksanakan penertiban, maka kami berkewajiban melakukan penertiban dengan cara berkoordinasi jajaran Satpol-PP, serta Perpajakan terkait dengan pelanggaran reklame,” jelasnya.

Menurutnya hal tersebut untuk mengantisipasi, apakah masih ada dari APK masih dan terpasang aturan reklame. Sehingga nantinya tidak ada salah komunikasi pada saat penertiban.

Terkait penertiban, sekaligus hari ini  dilakukan penertiban untuk pelanggaran penempatan APK. Penertiban tersebut mengacu pada aturan PKPU 11 dan Peraturan Bupati.

Baca Juga :  Wisata Kampung Anggrek Kediri Dibuka Kembali

Jadi hari ini kita fokus untuk pelanggaran penempatan APK, contohnya pemasangan dengan paku dipohon, pemasangan di tempat ibadah , pendidikan, lahan hijau, dan layanan umum seperti Puskesmas dan jalan protokol,” lanjutnya.

Ia menjelaskan untuk di wilayah Kabupaten Kediri, fokus penertiban di jalan protokol dan tempat-tempat yang dapat dijangkau dengan kendaraan besar. Sedangkan di jajaran Kecamatan juga dilakukan serentak di Masing-masing Panwascam ,selanjutnya berkoordinasi dengan trantib dan jajaran PPK.

“Penertiban jalan protokol dilakukan dua arah, yakni Jl.Airlangga hingga Simpang Lima Gumul Desa Paron. Selanjutnya arah Pare hingga sepanjang jalan Desa Ringinrejo. Untuk kegiatan ini kita mengalokasikan waktu selesai satu hari ini,” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait