Rest Area Dan Dua Desa di Malang Selatan Diterjang Angin Puting Beliung - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Rest Area Dan Dua Desa di Malang Selatan Diterjang Angin Puting Beliung
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Rest Area Dan Dua Desa di Malang Selatan Diterjang Angin Puting Beliung

SATUKANAL.com, MALANGPuting beliung terjadi di dua desa Malang Selatan, tepatnya di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) pada Selasa (02/03/2021). Hujan berintensitas tinggi datang bersamaan dengan angin kencang dan menerjang Desa Druju serta Sumbermanjing.

Menurut Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, angin kencang tersebut membuat sejumlah gazebo di lokasi rest area Puncak Sumawe Pletes rusak. Tepatnya, ada 3 gazebo yang biasa digunakan untuk berjualan serta 13 gazebo untuk beristirahat hancur terkena terjangan angin kencang.

Hariyono Waskito, salah satu relawan BPBD Kabupaten Malang menyebut angin kencang yang disertai hujan lebat itu terjadi sekitar dua jam. Ia juga menuturkan bahwa angin kencang yang terjadi di desa Druju bahkan menumbangkan beberapa pohon jati yang berada di tepian jalan. Meski begitu, dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Baca Juga :  Tertinggi di Jatim, Cukai Hasil Tembakau Kabupaten Malang 80 Miliar

Lebih lanjut, waskito mengatakan jika ada kerugian material yang dialami yakni sekitar 15 juta rupiah. Sedangkan, dampak bagi masyarakat dikatakan peristiwa ini tidak terlalu berpengaruh signifikan.

“Angin kencang bersama hujn lebat yang terjadi di dua desa tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun begitu, ada kerugian material yang harus ditanggung. Kejadian ini juga tidak begitu berdampak pada kegiatan masyarakat di dua desa tersebut,” ungkapnya menerangkan.

Baca Juga :  Gunakan Inquiry Learning, Hadapi Tantangan Pembelajaran 4.0

Sementara itu, penangan selanjutnnya, kata  Waskito akan dilakukan kerja bakti yang dibantu oleh masyarakat sekitar lokasi kejadian, termasuk membersihkan sisa pohon tumbang serta sampah-sampah yang sempat terbawa oleh angin kencang tersebut.

Kemudian, untuk gazebo yang rusak di area rest area  akan diperbaiki oleh pihak pengelola. “Pengelola rest area yang akan memperbaiki gazebo yang rusak karena terjangan angin kencang itu,” tuturnya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait