Resmikan Balai Desa Putih, Bupati Kediri Haryanti Dukung Masyarakat Kembangkan Wisata Religi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Resmikan Balai Desa Putih, Bupati Kediri Haryanti Dukung Masyarakat Kembangkan Wisata Religi
Bupati Kediri Haryanti meresmikan Kantor Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo didampingi Kepala Desa Putih Moh Bashori dan anggota DPRD Jatim Subiyanto. (Foto: Isna)
BERITA STRAIGHT NEWS

Resmikan Balai Desa Putih, Bupati Kediri Haryanti Dukung Masyarakat Kembangkan Wisata Religi

SATUKANAL, KEDIRI – Bupati Kediri Haryanti meresmikan kantor Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kamis (30/1/2020). Kantor yang berada di lapangan Desa Putih tersebut merupakan pindahan dari kantor sebelumnya di Jalan Kertosono-Tulungagung.

Pada kesempatan tersebut, Haryanti berpesan kantor desa tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. “Ini milik desa, jadi manfaatkan dengan baik,” pesan Haryanti.

Dia juga berpesan agar kantor lama tak begitu saja ditinggalkan. Melainkan dimanfaatkan untuk kegiatan yang bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa. “Kantor lama sangat bagus untuk sentra UMKM karena letaknya sangat strategis,” kata Haryanti.

Perempuan nomor satu di Kabupaten Kediri ini juga meminta komunikasi pemerintah desa dan daerah dengan pemerintah provinsi tetap berjalan dengan baik dan harmonis.

“Kalau komunikasi dengan pemprov baik, bantuan untuk desa juga mudah,” imbuhnya.

Baca Juga :  Penyedia Penyewaan Sepeda Onthel di Kampung Inggris, Ikut Terdampak Pandemi

Memang, kantor desa ini tak lepas dari tangan Subiyanto, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur yang merupakan putra daerah asli Desa Putih. “Ini yang bisa saya kerjakan untuk Desa Putih, saya upayakan aspirasi Desa Putih di provinsi,” kata Subiyanto yang hadir saat peresmian.

Sementara itu, Kepala Desa Putih Moh Bashori menyebut kantor balai desa lama akan digunakan sebagai sentra UMKM dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Sebab, lokasi kantor desa lama berdekatan dengan Makam Syeh Ihsan.

Makam Syeh Ihsan telah menjadi salah satu ikon wisata religi di Kabupaten Kediri. Menurut keterangan Bashori, dalam sehari, pengunjung paling sedikit sebanyak lima bus.

“Ini sudah menjadi wisata religi nasional, bahkan internasional, karena menjadi jujukan wisatawan,” imbuh Bashori.

Baca Juga :  Bupati Kediri Mengapresiasi Inovasi Pelaku UKM, Berbahan Dasar Pelepah Pohon Pisang

Sentra UMKM dan Bumdes yang akan dibangun di kantor lama menjadi salah satu inovasi Pemdes Putih untuk meningkatkan ekonomi warga.

“Warga yang punya produk kuliner, kerajinan, atau untuk oleh-oleh wisatawan bisa dipasarkan di sentra UMKM nantinya,” terang Bashori.

Dukungan Bupati Haryanti salah satunya tampak dari perizinan penggunanan Dana Desa untuk pembangunan kantor Desa Putih. “Terima kasih atas dukungan Bupati dengan mengizinkan dana desa untuk pembangunan kantor ini sebesar Rp 250 juta,” ungkap Bashori diiringi tepuk tangan hadirin.

Kantor Desa Putih akan mulai digunakan pada Senin, awal Februari mendatang. Selain ruang kepala desa, kantor ini juga dilengkap dengan kantor bidan desa dan Polindes.

Pewarta: Isnatul Chasanah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait