Renovasi Jembatan Lama, Pemkot Kediri Gandeng ITS Surabaya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Renovasi Jembatan Lama, Pemkot Kediri Gandeng ITS Surabaya
STRAIGHT NEWS

Renovasi Jembatan Lama, Pemkot Kediri Gandeng ITS Surabaya

Satukanal.com, Kediri – Bangunan cagar budaya Jembatan Lama Kota Kediri (Brug Over Brantas Te Kediri) akan segera dilakukan renovasi (perbaikan) oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kediri. Mengingat kondisi beberapa titik berlubang, dan kelayakan usia jembatan yang sudah tua, dibangun sejak 18 Maret 1869 silam.

Kasi Pembangunan dan Rehabilitasi Kebinamargaan PUPR Kota Kediri Sunarto, menuturkan pihaknya telah menjalin kerjasama denga Institut Teknologi Surabaya (ITS) Surabaya terkait renovasi jembatan lama, atau biasa disebut Brug Over Brantas Te Kediri.

“Jadi kita memang belum menyentuh. Namun demikian, kita sudah bekerja sama dengan ITS untuk menganalisa kekuatan jembatan. Dan nanti apa yang harus dilakukan untuk memperkuat ketahanan jembatan ini,” tutur Sunarto ke Satukanal.com, kamis 18 Maret 2021.

Baca Juga :  Kalah Lawan Persebaya, Joko Susilo Soroti Mental Pemain Persik Kediri

Disebutkan dari pihak ITS Surabaya nantinya akan menganalisa bagian dari kontruksi baja di tiang penyangga. Sedangkan Dinas PUPR Kota Kediri, akan melakukan renovasi bagian atas tiang penyangga, yang terdiri dari pilang, deplang, trotoar, dan aspal.

Adanya renovasi jembatan lama kota Kediri ini, Sunarto menegaskan tidak akan menyentuh keaslian konstruksi bangunan penyangga. Mengingat bangunan tersebut sudah termasuk cagar budaya berusia 152 tahun, bahkan disebut-sebut sebagai konstruksi baja tertua di Pulau Jawa.

Baca Juga :  Main Di Piala Menpora, Pemain Persik Rawan Cedera

“Tentunya, diharapkan dalam perbaikan (renovasi) jembatan lama kota Kediri (Brug Over Brantas Te Kediri) tidak merubah bentuk dari keaslian jembatan lama ini,” tegasnya.

Sunarto juga menambahkan, pihaknya melakukan perawatan bangunan sepanjang jalan jembatan lama setiap tahun. Melalui Dinas PUPR Kota Kediri, perawatan jembatan lama berkisar 360 juta per tahun.

“Jadi nanti seperti tahun lalu, kita bersihkan apa yang ada di sepanjang jalan. Perbaikan kayu di bagian trotoar, atau lubang dibawah aspal. Sedangkan untuk penyangganya, kita masih belum menyentuh kesitu. Karena memang penyangganya kan dari kontruksi baja,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait