Rencana Pemkab Bangun Pabrik Sawit di Malang Selatan Tuai Protes Warga, Perhutani : Belum bisa memastikan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Rencana Pemkab Bangun Pabrik Sawit di Malang Selatan Tuai Protes Warga, Perhutani : Belum bisa memastikan
BERITA Kanal Highlight

Rencana Pemkab Bangun Pabrik Sawit di Malang Selatan Tuai Protes Warga, Perhutani : Belum bisa memastikan

Satukanal.com, Malang – Rencana pembangunan pabrik kelapa Sawit di Malang Selatan tengah digodok oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Mengingat potensi lahan sawit yang melimpah di kawasan tersebut harus diimbangi dengan arahan hasil panen agar dapat menyejahterakan Petani Sawit.

Adanya pabrik sawit diharapkan dapat memicu pemanfaatan seluruh potensi tanah, sehingga pendapatan masyarakat Malang Selatan bertambah. Praktis, akan mampu mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Malang.

Namun, rencana Pemkab Malang untuk pengembangan perkebunan sawit dan pembangunan pabrik sawit menuai protes dari warga yang ada di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Mereka menilai, sawit adalah tanaman yang memiliki dampak lingkungan yang serius karena mengancam sumber mata air dan kesuburan tanah.

Menurut masyarakat setempat, kebijakan yang diambil oleh Pemkab Malang ini tidak memiliki keberpihakan pada kelestarian lingkungan. Kebijakan yang dipaksakan dan hanya bertujuan mengejar proyek dan pundi-pundi rupiah, hanya akan menguntungkan sekelompok orang saja dan merugikan masyarakat.

Baca Juga :  PPKM Darurat, E-Parkir Ikut Melarat

Sementara itu, terkait dengan pengelolaan kawasan hutan yang akan diambil alih oleh Pemkab Malang. Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang sampai saat ini belum mengetahui rencana detail dari Pemkab Malang terkait pembangunan pabrik kelapa sawit.

Hengki Herwanto selaku Administratur Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang menyampaikan bahwa, pembangunan pabrik tersebut masih belum dapat dipastikan. “Belum bisa memastikan pasti wacana itu” ungkap Hengki melansir laman Malangtimes.

Hengki menjelaskan, jika memang keputusan tersebut telah final dan telah melakukan koordinasi bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pihak Perhutani juga akan mendukung proyek tersebut.

Baca Juga :  Minggu Depan, Vaksinasi Massal Malang Pakai Drive Thru

“Kalau kami akan ikut kebijakan pusat, karena kami hanya operator saja” jelas Hengki.

Selain itu, Bupati Sanusi juga menyampaikan bahwa, sudah banyak investor yang menghubungi dirinya untuk berinvestasi di Malang Selatan. Sebab, pihaknya juga telah meminta kepada pengelola Jalur Lintas Selatan agar tahun 2022 bisa dituntaskan terhubung hingga Kabupaten Blitar.

Rencana pembangunan pabrik kelapa sawit di Malang Selatan, masih harus melalui kajian yang matang. Kajian terhadap potensi penanaman kelapa sawit ini dilakukan secara detail dan mendalam. Baik itu dampak positif maupun dampak negatif dari penanaman kelapa sawit ini.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait