Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Pegawai, Pemkot Surabaya : Honor setara UMK Surabaya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Pegawai, Pemkot Surabaya : Honor setara UMK Surabaya
BERITA

Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Pegawai, Pemkot Surabaya : Honor setara UMK Surabaya

Satukanal.com, SurabayaPemerintah Kota (Pemkot) Surabaya rekrut tiga anak penyandang disabilitas lulusan S1 yang memiliki skill khusus untuk dijadikan pegawai honorer atau outsourcing.

Ketiga disabilitas tersebut bernama Alfian Andhika Yudhistira penyandang tunanetra alumni Universitas Airlangga, Yogi Irwansyah tunarungu alumni Universitas Jember, dan Enrico Roben Simon tunarungu alumni SHS Surabaya dan ketiga pegawai tersebut semuanya ber-KTP Surabaya.

Ketiga pegawai disabilitas tersebut selama ini dikenal kreatif. Enrico dan Yogi ahli dibidang fotografer, juga kreatif mengambil video dan sering mengunggahnya di media sossial. Sementara Alfian, dia sosok yang cerdas dalam mengemas suatu tulisan.

“Saya yang merekrut mereka untuk kami jadikan tim kreatif saya.” jelas Armuji selaku Wakil Wali Kota Surabaya.

Sewaktu dinyatakan bekerja dan bergabung dengan tim kreatif Wakil Wali Kota Surabaya, mereka tak bisa menyembunyikan ekspresi bahagiannya. “Bangga sekaligus tertantang. Tidak boleh mengecewakan dan kami harus berkontribusi kepada Pak Wawali,” ucap Alfian.

Baca Juga :  Pembayaran THR Molor? Pekerja Bisa Lapor ke Posko Aduan

Pembukaan rekrutmen bagi para penyandang disabilitas merupakan salah satu wujud perhatian Pemkot Surabaya kepada warganya yang disabilitas.

Selain memberikan pekerjaan, Pemkot Surabaya juga akan memberikan fasilitas honor setara upah minimum kota (UMK) Kota Surabaya. Mereka akan segera membuka rekening di Bank Jatim untuk mendapat honor Rp 4,6 juta per bulan.

“Mereka berhak atas fasilitas honor setara UMK Kota Surabaya.” ungkap Wali Kota Surabaya.

Sementara itu, Armuji menyampaikan, tugas dari ketiga pegawai barunya tersebut yakni menyiapkan konten dan menyosialisasikan program Pemkot Surabaya.

Baca Juga :  Terbesar di Indonesia, PSEL TPA Benowo Jadi Pilot Project

Ketiga disabilitas itu juga diminta langsung menyiapkan diri bekerja di Rumah Dinas Wawali. Mereka akan menempati studio khusus yang sudah ada di rumah dinas Jl Wali Kota Mustajab Surabaya.

Pemberdayaan para penyandang disabilitas merupakan salah satu wujud bahwa Pemkot Surabaya tidak hanya menyediakan fasilitas publik yang ramah disabilitas. Tapi juga merekrut langsung para penyandang disabilitas untuk dipekerjakan.

“Bisa jadi ini kali pertama kantor pemerintahan memberi kesempatan dan posisi yang sama kepada disabilitas.” ungkapnya.

Armuji menyampaikan, nantinya rekrutmen para disabilitas ini tidak akan terhenti di tiga disabilitas ini, akan ada rekrutmen pekerjaan bagi para penyandang disabilitas yang lain.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait