Rekomendasi Vitamin Saat Isolasi Mandiri, Simak! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Rekomendasi Vitamin Saat Isolasi Mandiri, Simak!
ilustrasi isolasi mandiri (Foto: Pixabay/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Rekomendasi Vitamin Saat Isolasi Mandiri, Simak!

Satukanal.com, Nasional – Vitamin saat isolasi mandiri perlu dikonsumsi secara rutin. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan segera memulihkan kondisi tubuh.

Vitamin juga penting sebagai pendamping selain resep obat dokter yang diberikan. Lantas, apa saja vitamin yang perlu dikonsumsi oleh pasien Covid-19 selama isolasi mandiri?

Dalam pedoman Tatalaksana Covid-19 Edisi 3 yang disusun oleh gabungan perhimpunan Dokter Indonesia, terdapat beberapa rekomendasi vitamin yang baik dikonsumsi pasien-pasien Covid-19. Rekomendasi vitaminnya diberikan tergantung tingkat keparahan gejala pada pasien.

Persamaannya, bagi setiap pasien Covid-19 direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C dan vitamin D. Vitamin C adalah antioksidan dan penangkal radikal bebas yang memiliki sifat anti inflamsi (peradangan). Vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Sedangkan, pada vitamin D dapat meningatkan sitokin T helper yang bersifat anti-peradangan dan diharapkan mampu mengurangi respons inflamasi terhadap infeksi virus SARs-CoV-2. Adapun informasi lengkapnya, dan rincian vitamin untuk setiap tipe gpasen Covid.19 yang dilansir dari hellosehat.com.

Vitamin Untuk Pasien Tanpa Gejala

Pasien Covid-19 tanpa gejala harus melakukan isolasi mandiri sesuai dengan protokol kesehatan. Pasien akan dinyatakan sembuh atau selesai isolasi setelah melakukan isoman selama 10 hari tanpa gejala sama sekali.

Baca Juga :  Diburu Warga, Stok Suplemen dan Vitamin Langka di Kediri

Jika pasien tanpa gejaa memiliki penyakit penyerta (komorbid) disarankan untuk melanjutkan pengobatan sesuai anjuran Dokter. Sedangkan, Bagi pasien yang meminum obat jenis ACE-inhibitor (angiotensinconverting enzyme inhibitors) dan ARB, maka konsultasikan kondisi kesehatannya ke Dokter paru atau Dokter jantung. Ini vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi:

1. Vitamin C
  • Vitamin C non-acidic 3-4 x 500 mg
  • Tablet hisap vitamin C 2 x 500 mg
  • Multivitamin dnegan kandungan vitamin C 1-2 tablet per hari

2. Vitamin D

  • Suplemen 400-1000 IU setiap hari
  • Obat 1000-5000 IU setiap hari

Vitamin Untuk Pasien Covid-19 Gejala Ringan

Pasien gejala ringan juga direkomendasikan untuk melakukan isolasi mandiri sesuai dengan prokes. Masa isolasinya 10 hari sejak timbul gejala ditambah 3 hari bebas gejala. Mereka juga dianjurkan untuk tetap melakukan pengobatan sesuai dengan anjuran Dokter serta mengonsumsi vitamin saat isolasi mandiri.

Baca Juga :  Jangan Khawatir! Ini Tips Mengatasi Anosmia Yang bisa Dilakukan di Rumah

Selain mengonsumis vitamin, pasien Covid-19 gejala ringan bisa melakukan terapi simptomatik yakni mengobati setiap gejala. Misalnya, jika gejala yang timbul batuk maka obat yang dikonsumsi adalah obat batuk. Adapun vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi:

1. Vitamin C

  • Vitamin C noni-acidic 3-4 x 500 mg
  • Tablet hisap vitamin C 2 x 500 mg
  • Multivitamin dengan kandungan vitamin C 1-2 tablet per hari
  • Dianjurkan multivitamin yang mengandung vitamin C, B, E. Zinc

2. Vitamin D

  • Vitamin D jenis suplemen 400-1000 IU/ hari
  • Vitamin D jenis obat 1000-5000 IU/ hari

3. Azitromisin

  • 1 x 500 mg diminum selama 5 hari

4. Antivirus

  • Oseltamivir (Tamiflu) 2 x 75 mg diminum selama 5-7 hari
  • Favipiravir (Avigan) 2x 600 mg diminum selama 5 hari

Itulah rekomendasi vitamin saat isolasi mandiri. Mengkonsumsi vitamin tersebut juga harus dibarengi dengan pengobatan yang dinajurkan oleh Dokter apabila timbul gejala ringan. Jangan lupa, pastikan untuk tetap memakai masker selama menjalani isoman agar virus corona tidak menyebar ke lingkungan sekitar.

 

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait