Refleksi Hari Kebangkitan Nasional, 'AMAN' Malang Usung Nilai Kebersamaan | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional, ‘AMAN’ Malang Usung Nilai Kebersamaan

Satuchannel.com, Kota Malang – Aliansi Masyarakat Anak Negeri (AMAN) se-Malang Raya, hari ini (20/5) gelar refleksi cinta kebangsaan sebagai bentuk peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Depan Tugu Balai Kota Malang. Lewat Kordinator Umum AMAN, Iwan Sunaryo menegaskan acara ini bukan aksi, melainkan sebuah rafleksi. Sehingga ini murni bentuk kebersamaan antar lintas agama, ras, budaya, dan suku.

“Memang aksi di kota lain berkaitan dengan isu yang dibawa dari Jakarta. Tapi di Kota Malang murni aksi kebersamaan dan persaudaraan sejati”, terangnya.

Iwan menyadari bahwa aksi serupa banyak terjadi di Kota lain. Kendati begitu, ia menjelaskan acara refleksi ini memang baru pertama kali digelar di Malang sehingga muncul anggapan seperti itu.

Ribuan orang berkumpul di Balaikota (Gum)

“Refleksi ini Diharapkan bisa terus masif dan berkelanjutan. Baginya jarang antar lintas komunitas, agama, suku, dan budaya berkumpul dalam satu panggung”, ungkapnya.

Acara yang diikuti ratusan lebih peserta ini memang membawa pesan kebhinekaan. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang dominan memakai baju merah dan putih sembari memegang bendera Indonesia. Lantunan lagu seperti Indonesia Raya, Pancasila, dan lagu-lagu nasionalisme lainnya jadi pewarna sekaligus penyemangat peserta.

Kordinator aksi (Gum)

Sehabis acara, Iwan juga menekankan pada para peserta untuk tidak meninggalkan sampah seusai refleksi. Hal ini ditekankan agar momentum kebersamaan ini tidak terkotori oleh sampah-sampah sehabis acara. (GUM)

Kanal Terkait