Refleksi Akhir Tahun, Kepala Daerah Tangguh dan Inovatif Tahun 2021 versi Satukanal - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Refleksi Akhir Tahun, Kepala Daerah Tangguh dan Inovatif Tahun 2021 Versi Satukanal
Kepala Daerah Tangguh dan Inovatif 2021 (Foto: Satukanal.com)
Kanal Riset

Refleksi Akhir Tahun, Kepala Daerah Tangguh dan Inovatif Tahun 2021 versi Satukanal

Satukanal.com, Nasional– Di penghujung Tahun 2021 banyak kemajuan yang telah dicapai di berbagai sektor pembangunan di daerah. Kendati demikian laju pembangunan masih berfokus pada upaya peningkatan kesehatan, kesejahteraan masyarakat dan pemulihan ekonomi di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19.

Menghadapi kompleksitas problematika yang terjadi saat ini, maka peran kepala daerah dalam menentukan kebijakan penanganan kesehatan, kesejahteraan masyarakat dan pemulihan ekonomi menjadi faktor kunci dalam keberhasilan pelaksanaan pembangunan di daerah dengan mengedepankan pola kepemimpinan yang tangguh dan inovatif.

Kepemimpinan kepala daerah yang tangguh didasarkan pada komitmen, kebijakan dan anggaran tatkala menghadapi situasi dan kondisi pandemi Covid-19 sehingga daerah mampu bertahan dan merealisasikan visi dan misi pembangunan dengan melibatkan berbagai unsur stakeholder di daerah meliputi unsur TNI, Polri, Forkopimda, Ormas/LSM, Dunia Usaha, Perguruan Tinggi, dan Media.

Kepemimpinan kepala daerah yang inovatif didasarkan pada ide dan gagasan baik dalam bidang pemerintahan, pelayanan publik, daya saing dan dintegrasikan dalam suatu desain pemanfaatan teknologi informasi guna menjawab tantangan pemerintahan di era revolusi industri 4.0 yang menuntut berjalannya pemerintahan dilaksanakan secara partisipatif transparan akuntabel, efektif dan efisien.

Inovasi menjadi alternatif penting yang perlu dilakukan oleh setiap kepala daerah dalam menghadapi permasalahan daerah, utamanya keberadaan pandemi Covid-19 yang memberikan dampak kepada berbagai sektor di masayarakat maupun pada jalannya program yang telah direncanakan oleh kepala daerah sebelumnya.

Inovasi-inovasi baru perlu diluncurkan oleh kepala daerah sebagai salah satu strategi adaptasi dalam menggerakkan roda pemerintahan mengahapi kondisi pandemi ini. Pada tahun 2021 terdapat beberapa kepala daerah yang memiliki peranan penting dalam melakukan penangan pandemi Covid-19 namun tetap melakukan inovasi sehingga memunculkan berbagai prestasi di daerah.

Satukanal Riset dan Pengembangan (SRP) memantau perkembangan dari berbagai arus informasi merilis 10 kepala daerah Tangguh dan Inovatif di Jawa Timur meliputi:

Drs.H.Sutiaji – Kepala Daerah Kota Malang

Drs.H.sutiaji atau juga akrab disapa Mas Aji yang merupakan kepala daerah Kota Malang yang menjabat sebagai Wali Kota Malang periode 2018- 2023.

Dalam menjabat periode di tahun pertama Mas Aji melaksanakan roda pemerintahan sesuai Visi Misi Kepala Daerah Kota Malang sehingga di tahun kedua periode Mas Aji telah melaksanakan kebijakan dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19. Adapu kebijakan yang dilakukan oleh kepala daerah Kota Malang antara lain:

  • Peraturan Walikota Malang Nomor 30 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesahatan sebagai upaya pencegah dan pengendalian Corona Virus Disease 19.
  • Memperkuat PPKM mikro dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 yang masing-masing wilayah memperkuat untuk mengawasi mobilitas masyarakat dari tingkat paling bawah RT/RW atau kelurahan setempat.

Kepala Daerah Kota Malang menerapkan empat inovasi berbasis digital di era 4.0 untuk meningkatkan pelayanan publik selama masa pandemi Covid-19.

  1. Simbahe
  2. E-parking
  3. Siapel
  4. E-SPPT

Dari Kebijakan Kepala Daerah Kota Malang yang dikeluarkan memberikan kemajuan dan daya saing di bidang digital dengan memanfaatkan teknologi. Mas Aji memberikan pelayanan publik kegiatan perkantoran, pendidikan dan aktivitas rumah tangga tak lepas dari digitalisasi.

Dengan begitu dapat meningkatkan daya saing Kota Malang dengan memberikan inovasi sebagai konsep kota digital. Kota Malang merupakan daerah dengan predikat sangat inovatif. Adapun beberapa prestasi yang diterima oleh Kepala Daerah Kota Malang pada tahun 2021:

  1. Top DIGITAL Implementation 2021 #Level Stars 4 dari Majalah IT Work Jakarta
  2. TOP Leader on Digital Implementation 2021 dari Majalah IT Work Jakarta
  3. Meraih predikat A. Penghargaan dari kementrian PANRB dalam penyusunan pemerintah tata kelola instansi informasi biokrasi pemerintahan
  4. Anugerah Meritokrasi Tahun 2021
  5. Penghargaana ke dua Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Provinsi Jawa Timur 2022

Kanal Terkait