Rawon Jawa Timur, Jadi Sup Terenak Se-Asia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Rawon Jawa Timur, Jadi Sup Terenak Se-Asia
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Rawon Jawa Timur, Jadi Sup Terenak Se-Asia

SATUKANAL.com, NASIONAL– Dari sekian banyak kuliner Jawa Timur, ada beberapa olahan berkuah yang identik dengan cita rasa asin dan pedas. Salah satunya yakni rawon. Masakan berkuah dengan campuran utama daging sapi ini biasa dikenal juga dengan sebutan sup hitam atau black soup.

Rawon memang telah ada sejak zaman Hindia Belanda. Banyak yang tidak mengetahui pasti, dimana awal mula rawon menjadi populer. Namun, dalam majalah Adiluhung edisi 11 disebutkan bahwa rawon dijual sejak tahun 1921 di Mojokerto, Jawa Timur

Ciri khas rawon terletak pada kuah hitam pekatnya. Warna hitam tersebut diperoleh dari biji keluak atau kluwek (panglima edule) sebagai salah satu bumbunya. Biji kluwek ini berasal dari pohon yang biasa tumbuh di tepi sungai atau rawa-rawa.

Campuran biji kluwek tersebutlah yang kemudian membuat rawon memiliki rasa unik dan gurih menggoda selera. Dalam bahasa Melayu, kluwek bahkan disebut dengan nama kepayang. Hal ini lantaran, saat mencium aroma olahan rawon yang menggunakan kluwek akan terasa seperti mabuk kepayang.

Kluwek sendiri dipercaya punya banyak khasiat untuk tubuh. Kluwek mengandung berbagai nutrisi seperti zat besi, vitamin C, vitamin B1, kalium, fosfor serta kalsium. Kluwek diyakini dapat meredam penyakit gatal pada kulit.

Baca Juga :  Ingin Atur Keuangan? Coba Metode Kakeibo Ala Orang Jepang

Kenikmatan rawon nyatanya telah diapresiasi oleh dunia. Menurut situs TaseteAtlas yang berfokus pada pemetaan kuliner dunia, rawon khas Jawa Timur masuk dalam predikat terbaik di kategori sup paling enak se-Asia (Best Rated Soups in Asia).

TaseteAtlas sendiri merupakan situs terkemuka dalam merangkum segala kuliner di penjuru dunia yang diluncurkaan oleh jurnalis Kroasia, Matija Babic, sejak 2018. Berbagai masakan seperti tradisional, lokal hingga otentik dapat dicari informasinya di situs ini.

Disebutkan, pada TaseteAtlas sudah ada lebih 10 ribu makanan dan minuman serta lusinan hingga ribuan yang telah dipetakan oleh mereka. Untuk kuliner yang populer akan muncul pada peta yang telah disediakan.

Sementara itu, pemeringkatan kepopuleran sebuah makanan tidak sembarangan diipilih. Pada rawon misalnya, hasil tersebut diperoleh dari kritikus restoran dan survei dari 63.402 pembaca TaseteAtlas. TaseteAtlas kemudian mengurutkannya menjadi 12 menu sup terenak se-Asia, di mana rawon menjadi salah satunya.

Baca Juga :  Mulai Hari Ini, Pengguna Kartu ATM BCA Magnetik Akan Diblokir!

Selain rawon, ada dua makanan berkuah dari Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. Rawon dari Jawa Timur di urutan pertama, diikuti oleh gulai cincang dari Sumatera Barat di urutan ketga dan sayur asem dari Jawa Barat berada di peringkat 12. Sedangkan pada urutan di dunia. Rawon berada pada posisi ke empat. Gulai ada di urutan ke delapan dan sayur asem berada di urutan ke-44.

TaseteAtlas juga menyebutkan dalam stusnya bahwa bumbu utama pada masakan rawon tidak bisa diolah begitu saja. “Bumbu khas Indonesia ini sangat beracun jika mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi,”  terang TasteAtlas dalam laman penjelasan mengenai rawon.

Sup hitam ini dibuat dari daging sapi yang direbus dengan lama dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. “(Kluwek) Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa asam dan bersahaja serta warna hitam gelap yang unik,” lanjutannya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait