SATUKANAL.COM
BERITA ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

Ratusan Sopir Muatan Pasir Kelud Blokade Jalan Soeta

SATUKANAL, KEDIRI – Ratusan sopir truk muatan pasir aliran lahar Gunung Kelud memblokade Jalan Sukarno – Hatta (Soeta) di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri.

Koordinator aksi, Tubagus Fitra Jaya, mengatakan ratusan sopir tersebut sengaja menggeruduk gedung dewan untuk menuntut 3 armada truk yang saat ini ditahan di Mapolres Kediri milik teman mereka dibebaskan.

“Kami menuntut dewan ikut membantu membebaskan kendaraan rekan kami di Polres Kediri yang saat ini ditahan,” katanya.

Tubagus juga mengatakan, awal penangkapan ketiga rekannya tersebut bermula saat ada giat razia kendaraan oleh Polres Kediri. Meskipun telah menunjukan kelengkapan surat, polisi tetap menangkap ketiganya dengan tuduhan pasal Minerba.

“Awalnya ada 5 sopir truk, 3 berasal dari Kediri yang 2 berasal dari Jombang. Saat ini yang 2 sudah bebas, tetapi kenapa teman kami yang 3 belum,” katanya.

Selain menuntut polisi mengeluarkan 3 kendaraan truk, laki-laki yang akrab disapa Bagus tersebut juga mengajukan ke dewan terkait payung hukum untuk penambang pasir manual. Menurutnya, butuh aturan yang jelas agar para penambang pasir tidak mudah dipermainkan oleh aparat.

“Itu dilakukan agar para penambang tidak mudah dipermainkan oleh aparat,” tuturnya.

Hingga berita ini ditulis, para sopir masih mulai berdatangan dan melakukan aksi duduk di depan gerbang gedung dewan.

Pewarta : Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait