Ratusan Relawan Lingkungan Bersihkan Sungai Mantren Kabupaten Kediri | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ratusan Relawan Lingkungan Bersihkan Sungai Mantren Kabupaten Kediri
Relawan yang membersihkan pinggiran sungai
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ratusan Relawan Lingkungan Bersihkan Sungai Mantren Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Berbagai organisasi lingkungan dan warga Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, melakukan kegiatan bersihkan sungai secara serentak. Lokasi pembersihan dilakukan sepanjang Sungai Mantren, yang terletak di desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Senin (26/10/2020).

Ratusan masa yang turut mengikuti aksi bersihkan sungai tersebut, tergabung dalam organisasi Perkumpulan EPPI (Eks Pramuka Putra Putri Indonesia) dan Rante Rau, menggandeng warga desa Menang sekitar bantaran sungai.

“Untuk kegiatan giat, khususnya sungai mantren yang berdekatan dan melewati situs sejarah Kediri, sedangkan kondisi sungai sangat memprihatinkan,” kata Kordinator Lapangan Giat lingkungan, Beny Prasetya kepada Satukanal.com.

Baca Juga :  Dispendik Kabupaten Kediri, Belum Izinkan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

Dalam hal ini ia fokus kepada dampak kotoran sungai kepada wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata. Yang dimana Desa Menang mempunyai sejarah peninggalan Kerajaan Kediri.

Beny juga menjelaskan berbagai kendala dalam kegiatan ini. Salah satunya ialah kurangnya sosialisasi aturan kepada masyarakat sekitar bantaran sungai.

Menurutnya, perlu pendampingan campur tangan dinas terkait untuk memberi himbauan dan gambaran terkait peraturan tersebut.

“Padahal kita sangat butuh didampingi oleh yang terkait, karena kita selalu berbenturan dengan masyarakat, terkait bibir sungai dengan tanah milik warga,” jelasnya.

Baca Juga :  BKSDA Jatim Cari Jejak Harimau Jawa di Tulungagung

Terpisah, Kepala Desa Menang, Linda Endrawati mengucapkan terimakasih terhadap para seluruh komunitas dan warga yang ikut berpartisipasi kegiatan tersebut.

Menurutnya bantaran sungai memang harus segera dibersihkan dari berbagai sampah dan kotoran. Serta menghilangkan kebiasaan membuang sampah sembarangan tempat.

“Tindak selanjutnya nanti, kita akan¬† kordinasi dengan RT dan RW yang terlintasi sungai. Untuk sosialisasi pembersihan bantaran sungai lanjutan,” terangnya.

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait