Ratusan Juta Rupiah Digelontorkan Pemkab Jombang Guna Pelestarian Situs Sumberbeji - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ratusan Juta Rupiah Digelontorkan Pemkab Jombang Guna Pelestarian Situs Sumberbeji
Ratusan Juta Digelontorkan Pemkab Jombang Guna Pelestarian Situs Sumberbeji (Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Ratusan Juta Rupiah Digelontorkan Pemkab Jombang Guna Pelestarian Situs Sumberbeji

Satukanal.com, Jombang– Anggaran ratusan juta rupiah telah disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, guna pelestarian Situs Petirtaan Sumberbeji. Hal tersebut diungkapkan Iswahyudi Hidayat, Kepala Seksi (Kasi) Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Kabupaten Jombang.

Pihaknya siap menggelontorkan ratusan juta untuk melestarikan situs yang sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya ini. Anggarannya akan disiapkan untuk tahun depan, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jombang Tahun 2022 mendatang.

“Sebenarnya sudah direncanakan untuk menganggarkan kelanjutan eksvakasi, namun karena prosesnya sudah selesai jadi disiapkan untuk tahun depan,” ucapnya pada Rabu (1/9/2021).

Dalam perencanaannya, pihaknya akan memasukkan anggaran tersebut pada Rencana Kerja Anggaran (RKA). Selanjutnya, apakah nantinya anggaran akan dialihkan ke pemugaran atau lainnya, masih melihat situasi berikutnya.

Baca Juga :  Launching Upaya Penanganan Covid-19, Bupati Kediri Sebut BOR Turun 58 Persen

Anggaran yang disiapkan dalam draft pun tidak main-main yakni sebanyak Rp 200 – 300 juta. “Anggaran tersebut nantinya bisa digunakan untuk pelestarian, sehingga nanti ketahuan situs ini dari zaman apa. Karena sampai sekarang kan masih banyak tanda tanya,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemkab Jombang juga telah menyiapkan anggaran untuk ekskavasi Situs Sumberbeji yang berada di Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang ini, tepatnya pada APBD Jombang Tahun 2020. Namun, pada akhirnya anggaran tersebut di Recofusing untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga :  Gelar SKD PPPK Saat Pandemi, Pemkab Blitar Terapkan Prokes Ketat

“Semoga tahun depan tidak di Recofusing. Karena untuk Jombang juga harus hadir untuk pelestarian,” katanya.

Situs Petirtaan Kuno Sumberbeji Jombang sendiri diketahui telah mengalami proses ekskavasi oleh petugas dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim). Setelah ekskavasi yang keempat tanggal 19 Agustus hingga 28 Agustus 2021 dengan anggaran dari APBD Provinsi Jawa Timur kemarin, BPCB Jatim menyatakan bahwa kegiatan ekskavasi di Situs Sumberbeji telah dinyatakan selesai. Sehingga, ke depannya akan dilakukan pemugaran bersamaan dengan pemanfaatan situs.

 

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

Kanal Terkait