Ramai! Temuan Burung Merak di Kediri, BKSDA Bakal Telusuri Habitatnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ramai! Temuan Burung Merak di Kediri, BKSDA Bakal Telusuri Habitatnya
Burung merak hijau yang ditemukan di Kediri (Foto: Anis Firmansyah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Viral

Ramai! Temuan Burung Merak di Kediri, BKSDA Bakal Telusuri Habitatnya

Satukanal.com, Kediri – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kediri, bakal melakukan penelusuran dan pengawasan terkait dugaan adanya habitat burung merak di wilayahnya.

Hal tersebut dilakukan setelah ditemukan burung merak berukuran  2 meter di area pembangunan Bandar Udara (Bandara) Kabupaten Kediri, Selasa (12/10/2021) lalu. Bahkan, sebuah video rekaman singkat di media sosial  terkait adaya penemuan burung merak itu sontak viral.

“Kita akan melakukan pengawasan di wilayah tersebut, terkait penemuan burung merak. Akan bekerjasama dengan pengelola proyek bandara juga, untuk sama-sama melakukan pengawasan,” ungkap Plh Kepala Seksi Konservasi BKSDA Kediri Daru Sudiro, saat dikonfirmasi Satukanal.com, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga :  Ngotot Berjualan, PKL Meluber di Trotoar Kawasan Utara SLG

Dia mengungkapkan, temuan burung merak berjenis jantan saat ini dalam kondisi sangat baik, itu terpantau dari tingkat nafsu makan hewan tersebut. Padahal saat kondisi temuan awal, burung merak ini diduga shock (kaget), sehingga minimnya tingkat nafsu makan.

Temuan burung merak dalam kategori satwa langka ini, masih ditempatkan di lokasi Kantor BKSDA Kecamatan Banyakan. Ndaru menyampaikan, untuk secepatnya temuan ini dilakukan pemindahan sangkar ke Sidoarjo.

“Di lokasi kita terlalu sempit, secepatnya ini ditindaklanjuti untuk dipindah ke Surabaya untuk diamankan dan ditangkarkan di BKSDA Jawa Timur. Di sana lokasi lebih besar, dan perawatan yang mumpuni,” ujarnya.

Baca Juga :  Persik Kediri Keok 3 - 0 Lawan PSIS Semarang

Menurut Ndaru, secara riwayat, habitat burung merak belum pernah ditemukan atau terdata oleh BKSDA Kediri. Ini menjadi yang pertama, apabila benar memang ditemukan kawanan burung merak lainnya, maka perlu dipastikan keberadaan habitat satwa langka tersebut.

“Kalau dilihat dari ekor, burung merak mengalami masa pemijahan. Menurut siklus, memang bulan-bulan ini masa pemijahan burung merak. Kalaupun memang ada habitat, sifatnya berkumpul dan kemungkinan ada kawanan lainnya,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Adinda

    Kanal Terkait