Ramai Diperbincangkan, Berikut Beberapa Fakta Menarik tentang Ular Kobra | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Ramai Diperbincangkan, Berikut Beberapa Fakta Menarik tentang Ular Kobra

Belakangan ini, beberapa daerah di Indonesia dihebohkan dengan teror ular kobra. Yakni kemunculan ular kobra secara tiba-tiba di sekitar lingkungan tempat tinggal warga. Sontak, hal itu membuat masyarakat khawatir. Teror yang terjadi di beberapa daerah ini pun menjadi topik hangat di media sosial.

Perlu diketahui, ular kobra termasuk ular berbisa. Ular kobra banyak ditemukan di negara-negara Asia, terutama di India. Berikut ini beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang ular kobra seperti yang dirangkum dari buku Mengamati Kehidupan Ular karya Rizka Nur Abadiah.

1. Memiliki Bisa yang Mematikan

Bisa ular kobra termasuk yang mematikan. Mengandung berbagai zat aktif yang terdiri atas protein dan enzim. Jenis bisa ini disebut neurotoksik, karena dapat merusak susunan saraf, melumpuhkan otot jantung ataupun pernafasan, bahkan dapat melumpuhkan keduanya.

2. Dapat Menyemburkan Bisa Sejauh 2,5 Meter

Keistimewaan ular kobra adalah dapat menyemburkan bisa sejauh 2,5 meter dengan tepat. Bisa ini tidak melukai kulit, tetapi apabila kena mata dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan kebutaan.

Jenis kobra penyembur, pada ujung taringnya yang menghadap ke depan terdapat lubang yang berfungsi untuk menyemburkan bisa. Hanya dengan mengangakan sedikit moncongnya ular ini sudah dapat menyemburkan bisa.

Menurut para ahli, ular kobra penyembur mempunyai naluri untuk mengarahkan semburannya ke arah mata lawan atau mangsanya.

3. Bisa Menari

Keistimewaan lainnya, ular kobra dapat menari, apabila pawang ular meniupkan terompetnya. Sebenarnya, semua jenis ular tidak dapat mendengar. Namun, ular kobra dapat menari karena mengikuti gerakan terompet yang dimainkan oleh pawang ular.

4. Mematuk Berulang Kali

Ular kobra merupakan ular pemangsa yang membunuh atau melumpuhkan mangsanya dengan bisa yang terdapat pada taringnya, bukan membelitnya. Taring kobra tidak panjang, setidaknya tidak sepanjang ular derik.

Untuk itu, dalam melumpuhkan mangsanya, ular kobra harus mematuk berulang kali hingga timbul beberapa luka. Namun kelebihannya, ia dapat memangsa dengan cara menyemburkan bisa tepat ke arah mata mangsanya.

Kanal Terkait