Ramadhan 2021 Diskon Pajak Kendaraan Berlaku Hingga 24 Juni, Jangan Terlewat! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ramadhan 2021 Diskon Pajak Kendaraan Berlaku Hingga 24 Juni, Jangan Terlewat!
istimewa
BERITA Kanal Highlight

Ramadhan 2021 Diskon Pajak Kendaraan Berlaku Hingga 24 Juni, Jangan Terlewat!

Satukanal.com, Malang – Bertepatan dengan bulan Ramadhan 2021, Pemerintah Provinsi Jawa timur kembali menggelar program pemutihan atau pembebasan sanksi administrasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Program yang dimulai sejak Selasa (20/4/2021) ini, nantinya akan berlaku hingga 24 Juni 2021 mendatang. Sementara itu, menurut Mohamad Yasin selaku Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jatim menyampaikan, Program pemutihan ini kado spesial Ramadhan Gubernur Jatim untuk warga Jatim.

Selain program pemutihan, Pemprov Jatim juga memberikan pengurangan pokok PKB atau diskon sebesar 15 persen untuk roda 2 dan roda 3 serta 5 persen untuk roda 4 atau lebih bagi wajib pajak yang sudah lewat jatuh tempo atau yang belum masuk masa jatuh tempo.

Baca Juga :  Pengelola Sebut Wisata Taman Kelinci Semakin Berat, Imbas PPKM Darurat

“Program pemutihan dan diskon pajak kendaraan bermotor tersebut diberlakukan agar warga tidak semakin terbebani dengan biaya pajak di tengah suasana pandemi Covid-19 yang belum berakhir seperti saat ini” ujarnya.

Data dari Badan Pendapatan Daerah Jatim, sepanjang triwulan I tahun 2021 ini, masih ada 18,09 persen wajib pajak yang belum membayar kewajibannya atau 2.999.046 obyek pajak.

Jika semua wajib pajak tersebut melaksanakan kewajiban, berarti Pemprov Jatim mengucurkan Rp 107,67 miliar insentif pajak untuk warga Jatim.

Program pemutihan dan diskon pajak ini juga untuk merangsang wajib pajak melakukan kewajibannya. “Pajak ini akan menjadi sumber daya yang sangat penting untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Jatim,” ungkapnya.

Dalam program Diskon Ramadan itu juga Pemprov Jatim menyiapkan hadiah bagi wajib pajak yang patuh membayarkan kewajibannya yakni berupa tabungan umroh senilai Rp30 juta yang akan diberikan untuk 15 wajib pajak melalui undian.

Baca Juga :  Makin Gawat, 620 Nakes Terkonfirmasi Positif

“Tahun ini kita perbesar lagi hadiah umrohnya dari tahun lalu dengan nilai tabungan dari Rp25 juta menjadi Rp30 juta, dan akan diundi saat momentum HUT Pemprov Jatim,” imbuhnya.

Sementara itu, Diskon khusus untuk pajak kendaraan bermotor sudah bisa dinikmati masyarakat di wilayah Kota Malang. Kepala Samsat Kota Malang Sulaiman menyatakan, pemberian diskon pajak kendaraan tersebut langsung diberlakukan sejak 20 April lalu.

“Ini merupakan program dari Dispenda Provinsi Jawa Timur sebagai tindak lanjut kebijakaan Ibu Gubernur Jatim,” terangnya.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait