Rakernas APEKSI Ke - 12, Tekankan Perlindungan Hukum Dan Percepatan Pembangunan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Rakernas APEKSI Ke – 12, Tekankan Perlindungan Hukum Dan Percepatan Pembangunan

Satuchannel.com, Kota Malang – Rakernas ke – 12 APEKSI dilaksanakan di Hotel Savana, Kota Malang, Rakernas kali ini mengangkat tema Savana, Rabu ini (19/7). Tahun ini, tema Apeksi adalah ‘Implementasi Pelindungan Hukum Bagi Pejabat Pemerintah Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Untuk Mendukung Pembangunan Nasional’

Ketua APEKSI, Airin Rachmi Diani menyatakan Rakernas ini bagian dari forum satu tahunan untuk menganalisis dan mengevaluasi kegiatan APEKSI.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Airin Rachmi Diany, mengatakan bahwa Rakernas merupakan forum satu tahunan, untuk menganalisa dan mengevaluasi kegiatan Apeksi.

KETUA APEKSI Airin Rachmi Diani (Aris)

“Di forum ini akan dibahas program dan permalasahan yang dihadapi masing – masing daerah.” ujar perempuan yang menjabat Ketua APEKSI periode 2016 – 2020 ini.

Di Rakernas kali ini pula dibahas UU No. 23 tahun 2014 mengenai pemerintah daerah dan perlindungan hukum bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini mengingat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir beberapa ASN dan penyelenggara pemerintah Sepeti Gubernur, Walikota / Bupati terjerat kasus hukum karena kesalahan administrasi.

“Bahwa sebenarnya sejak tahun 2014 telah lahir 3 paket Undang‐Undang yang didalamnya mengatur tentang pemberian perlindungan hukum dan kepastian hukum yang adil terhadap penyelenggara pemerintahan agar dapat bekerja dengan tenang dan nyaman,” paparnya.

Airin juga menekankan Rakernas kali ini memacu inovasi Pemerintah Kota masing – masing dalan hal pembangunan di daerah. Hal utama percepatan birokrasi, percepatan pembangunan melalui sektor swasta dan peningkatan investasi.

“Pertumbuhan penduduk yang cepat dan kenaikan pertumbuhan ekonomi yang besar membuat daerah tak bisa hanya mengandalkan APBD saja dalam melakukan percepatan pembangunan. Maka bagaimana bisa bekerjasama dengan pihak swasta melakukan itu.” paparnya (Iqbal)

Kanal Terkait