Raih Dua Penghargaan Dari Gubernur Jatim, Pemkab Jombang Luncurkan Inovasi Baru | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Raih Dua Penghargaan Dari Gubernur Jatim, Pemkab Jombang Luncurkan Inovasi Baru
Pemkab Jombang Raih Dua Penghargaan Dari Gubernur Jatim
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Raih Dua Penghargaan Dari Gubernur Jatim, Pemkab Jombang Luncurkan Inovasi Baru

SATUKANAL.com, JOMBANGPemerintah Kabupaten Jombang diwakili oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah, meraih dua penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Penghargaan yang diperoleh Pemkab Jombang adalah Penghargaan atas inovasi Dinas Lingkungan Hidup dengan Santri Jogo Kali yang masuk dalam Top 45 kompetisi inovasi pelayanan publik (Kovablik) Jawa timur. Serta penghargaan kedua yakni kelompok budaya kerja Orzya Sativa Dinas Pertanian, yang meraih juara 3 dalam kompetisi budaya kerja Provinsi Jatim.

“Alhamdulillah, dua inovasi pelayanan publik Pemkab Jombang mendapat apresiasi dan penghargaan dari Gubernur Jatim. Atas nama Pemkab Jombang saya sampaikan terimakasih khususnya kepada Santri Jogo Kali dan Kelompok Budaya Kerja Oryza Sativa yang telah membawa nama baik Jombang,’’ ucapnya.

Baca Juga :  Dinas Pertanian Jombang Raih Penghargaan Atas Inovasi Barunya

Sumrambah mengatakan bahwa, adanya apresiasi dan penghargaan ini semakin memberikan motivasi untuk terus berinovasi menciptakan trobosan baru yang berdampak positif dan bermanfaat untuk warga Jombang.

Penghargaan kedua kelompok budaya kerja Orzya Sativa Dinas Pertanian, yang meraih juara 3, mengangkat motto tatag, tangguh dan trengginas. Tema yang diambil yakni menurunkan keluhan dari para petani terhadap intensitas dari serangan hama tikus yang ada di lokasi Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh.

Sementara inovasi yang masuk dalam Top 45 berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang yakni Santri Jogo Kali. Inovasi ini berdampak bagi kelestarian lingkungan yang ada di kawasan kabupaten Jombang, yakni kualitas air sungai yang lebih jernih dan bersih. Sampah-sampah yang ada di sekitar sungai juga turut dibersihkan, inovasi ini dilakukan guna menjaga kualitas sungai di Kabupaten Jombang agar tetap bersih, terjaga dan turut menjaga segala ekosistem di sungai seperti, ikan-ikan, udang renik tumbuhan disekitar sungai dan hewan air lainnya.

Baca Juga :  Pengukuhan ABPEDNAS Sumobito Dukung Kinerja Pemkab Jombang

Inovasi tersebut juga mengurangi resiko terjadinya banjir karena jumlah sampah juga telah berkurang. Kualitas air sumur di beberapa rumah warga juga menjadi bersih dan jernih. Wakil Bupati Jombang berharap agar nantinya inovasi-inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat dapat ditingkatkan lagi, sehingga kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alam di Kabupaten Jombang memiliki kualitas yang bagus.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait