Punya Refluks Asam Atau GERD? Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Mengakibatkan Sakit Yang Berlebihan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Punya Refluks Asam Atau GERD? Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Mengakibatkan Sakit Yang Berlebihan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Punya Refluks Asam Atau GERD? Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Mengakibatkan Sakit Yang Berlebihan

SATUKANAL.com, NASIONAL– Bagi seorang penderita refluks asam atau  yang juga dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease (Gerd) tidak sembarang makanan bisa dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang dilarang keras untuk dikonsumsi karena dapat mengakibatkan rasa sakit yang berlebihan.

Asam lambung terjadi saat ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan dengan gejala yang mengganggu seperti heartburn. Salah satu alasan asam lambung terjadi adalah sfingter esofagus bagian bawah (LES) melemah atau rusak. Biasanya LES menutup untuk mencegah makanan diperut naik ke kerogkongan.

Mengkonsumsi makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan asam lambung atau Gerd. Makanan yang dimakan dapat mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut. Gejala Gerd akan terjadi ketika asam lambung menyentuh kerongkongan, sehingga menyebabkan iritasi dan nyeri.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut terkait makanan yang baik dan ramah bagi seorang penderita Gerd. Berikut ulsannya:

Baca Juga :  KUA Rilis Aturan Terbaru Tentang Biaya dan Syarat Nikah 2021, Simak!

1.Sayuran

Semua jenis sayur terbilang baik untuk dikonsumsi. Tetapi ada pilihan sayuran bagus untuk penderita Gerd yakni kacang hijau, brokolo, asparagus, kembang koll, sayuran hijau, kentang dan mentimun. Sayuran secara alami rendah lemak dan gula, sehingga dapat membantu mengurangi asam lambung.

2.Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi alami yang merupakan pengobatan alami untuk heartburn serta masalah pencernaan. Parutan atau irisan jahe dapat ditambahkan ke dalam resep makan, smoothies dan minuman teh jahe  untuk meredakan gejala. Sehingga pencernaan terasa semakin nyaman.

3.Oatmeal

Pilihaan saraapan yang mengandung saraapan teapt dapat mmebuat lambung merasa lebih baik. Oatmeal bisa dijadikan salah satu pilihan karena mengandung biji-bijian utuh dan sumber serat yang sangat baik. Dengan diet tinggi serta ini dapat menurunkan risiko asam lambung yang ebih rendah.

3.Buah-buahan

Buah-buah yang baik dikonsumsi bagi penderita gerd adalah buah non citrus. Karena buah ini memiliki rasa yang asam. Sehingga dapat menambah tingkat keasaman pada lambung. Untuk itu, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang asam atau pedas seperti halnya buah. Buah yang baik contohnya yakni pisang, melon, apel dan pir.

Baca Juga :  Penumpang KA Jarak Jauh Diperbolehkan Berbuka Puasa di Gerbong

4.Putih Telur

Putih telur adalah pilihan yang bagus.Naun, kuning teur yang tinggi lemak harus dihindari karena dapat memicu gejala refluks. Jadi usahakan untuk mengkonsumsi putih telurnya saja. Sehingga gejala refluks tidak akan terasa menyakitkan.

5.Daging Tapa Lemak dan Seafood

Salah satu cara menghindari sakitnya gejala refluks yaitu dengan tidak mengkonsumsi daging berlemak. Maka pilihan bagus bagi penderita gerd, daging tanpalemak ataupun seafood dirasa coco. Begitu pula dengaan cara memasaknya., sebaiknya dengan cara memanggang atau merebusnya untuk menghindari lemak yang berlebih.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait