Punya Nilai Jual Tinggi, 5 Tanaman Hidroponik Ini Terbaik di Golongannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Punya Nilai Jual Tinggi, 5 Tanaman Hidroponik Ini Terbaik di Golongannya
Tanaman Hidroponik/foto: kmc.tp.ugm.ac.id
BERITA Kanal Artikel

Punya Nilai Jual Tinggi, 5 Tanaman Hidroponik Ini Terbaik di Golongannya

Satukanal.com, Nasional– Tanaman Hidroponik punya berbagai tipe dan golongan. Meski begitu, terdapat beberapa tanaman yang dikatakan terbaik dan punya nilai jual yang tinggi. Lantas, tanaman apa saja kah itu?

Secara umum, hidroponik adalah sistem budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam tanah. Hidroponik merupakan solusi menanam dengan lahan terbatas. Tanaman ini bisa ditanam secara hidroponik dengan memanfaatkan lahan kecil seperti halaman rumah.

Tanaman hidroponik tidak tergantung pada musim sehingga bisa dipanen kapan saja. Tanaman ini juga memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi karena hampir semua faktor pertumbuhan bisa dikontrol, berbeda jika menggunakan media tanam biasa seperti tanah. Berikut, rekomendasi tanaman hidriponik yang punya nilai jual tinggi:

1. Tomat Ceri

Sebenarnya berbagai jenis tomat bisa dikembangkan dengan teknik hidroponik. Namun, tomat ceri banyak dipilih sebagai komoditas hidroponik karena kelangkaannya. Namun, menanam tomat ceri dengan teknik hidroponik membutuhkan sedikit perhatian ekstra.

Baca Juga :  Fakta-Fakta Jaringan 5G Yang Diluncurkan Hari Ini

Tanaman tomat memerlukan cahaya matahari yang lebih banyak daripada tanaman lainnya. Jika ditanam di rumah, pastikan tanaman ini mendapatkan banyak cahaya matahari. Tomat yang ditanam dengan teknik hidroponik akan siap dipanen dalam waktu 8-14 minggu.

2. Selada

Selada merupakan sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selada mungkin merupakan salah satu tanaman yang paling banyak ditanam menggunakan teknik hidroponik. Karena selada biasanya dimakan mentah, orang cenderung akan memilih selada hidroponik karena lebih bersih dan terjamin mutunya, dibandingkan dengan selada biasa. Selada yang ditanam dengan teknik hidroponik bisa dipanen dalam waktu enam hingga sembilan minggu.

3. Bayam

Bayam merupakan sayur yang disukai banyak orang. Permintaan akan bayam selalu tinggi. Bayam bisa dikonsumsi mentah maupun di masak. Bayam paling baik tumbuh di kondisi yang agak sejuk dan tidak terlalu panas. Bayam bisa dipanen dalam waktu 12 minggu.

Baca Juga :  Usai Larangan Mudik, Pengetatan Perjalanan Masih Berlaku. Simak Aturannya!

4. Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah yang paling sering dikembangkan dengan teknik hidroponik. Untuk menanam stroberi, diperlukan cahaya matahari yang cukup agar pertumbuhan buah stroberi bisa optimal.

Stroberi merupakan salah satu komoditas dengan harga jual tinggi dan cukup menjanjikan untuk dikembangkan dengan teknik hidroponik. Dengan menanam stroberi secara hidroponik, seseorang bisa menikmati buah segar ini kapan saja sepanjang tahun. Stroberi akan siap dipanen dalam 4-6 minggu setelah tanaman berbunga.

5. Mint

Daun mint banyak disukai karena aroma dan rasanya yang menyegarkan. Daun mint bisa digunakan dalam makanan maupun minuman. Akar tanaman mint sangat cepat tumbuh sehingga membuat tanaman mint ideal untuk dikembangkan dengan teknik hidroponik.

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait