Punya Kuota Banyak di Tiap PTN, Begini 7 Peluang Karir Jurusan Agroekoteknologi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Punya Kuota Banyak di Tiap PTN, Begini 7 Peluang Karir Jurusan Agroekoteknologi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Punya Kuota Banyak di Tiap PTN, Begini 7 Peluang Karir Jurusan Agroekoteknologi

SATUKANAL.com, NASIONAL– Banyak diantara calon mahasiswa yang tidak mengetahui bagaimana peluang karir jurusan agroekoteknologi. Jurusan agroekoteknologi sendiri menjadi salah satu program studi yang punya banyak daya tampung di hampir semua perguruan tinggi indonesia.

Agroekoteknologi merupakan bidang studi yang mempelajari penguasaan teknologi pada produksi pertanian dengan memperhatikan kualitas dan efisiensi. Dalam jurusan ini, yang akan dipelajari yakni tentang bagaimana cara mengelola tanaman, lahan, hama dan.

Selain itu, berbagai permasalahan di bidang pertanian, pembenihan dan perkebunan juga akan dipelajari di jurusan ini. Seluruh pembelajaran di agroekoteknologi tersebut sebagai upaya untuk menghasilakn produk yang aman dan berdaya saing.

Prospek kerja lulusan agroekoteknologi sebenarnya sangat terbuka lebar. Mengingat, Indonesia adaah negara agraris dengan hasil pertanian yang begitu melimpah. Lebih dari itu, prospek dari bidang ini pun terbilang menjanjikan.

Bagi mereka yang menyukai bidang botanikal dan mempelajari tumbuh-tumbuhan serta pertumbuhan dan pengolahannya, bidang ini dirasa sangat cocok. Apalagi untuk mereka yang gemar memperhatikan kelestarian lingkungan serta suka berinovasi guna meningkatkan produksi dan pengolahan hasil tanaman.

Pada dasarnya, bidang agroekoteknologi adalah ilmu yang mengebankan inovasi pertanian dalam rangka membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi.

Sarjana Pertanian bidang agroekoteknologi memiliki peluang untuk berkaris di berbagai instansi pemerintah seperti Kementerian Pertanian dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Lulusan agroekoteknologi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan membuka usaha sektor komoditas perkebunan, pangan, holtikultura maupun kehutanan.

Baca Juga :  DP KPR 0 Persen Berlaku Mulai 1 Maret. Simak Ketentuannya

Lulusan bidang ini rata-rata juga dibutuhkan oleh perusahaan perkebunan, kehutanan, pangan dan holtikutura. Prosepek kerja lulusan agroekoteknologi juga seakan semakinn cerah seiring dengan perkebangan penerapan teknologi dalam industri pertananian.

Berikut, rangkuman singkat beberapa peuang karir yang bisa dipilih oleh lulusan bidang agroekoteknologi:

1.Konsultan Pertanian

Menjadi konsultan pertanian bertuga untuk memberikan saran-saran dalam sektor industri pertanian. Untuk memulainya pun, bisa dari skala kecil kemudian ditingkatkan ke sektor industri pertanian skla besar. Sedangkan gaji yang diperoleh biasanya berkisar antara 5 juta rupiah untuk kelas pemula.

2.Bekerja di Pemerintahan

Lulusan agroekoteknologi juga bisa bekerja di pemerintahan. Misalnya, dengan menjadi manajer pupuk dan pestisida nasional, badan koordinasi survei, peneltian dan juga pengembangan pemerintah pusat dan sebagainya. Gaji yang ditawarkan pun bervariasi tergantung dari jabatan serta tingkatannya.

3.Bekerja di Industri

Peluang karir jurusan agroekoteknologi juga bisa bekerja di sektor industri pertanian dengan mengandalkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah. Apalagi industri pertanian di Indonesia terbilang ramai. Gaji yang ditawarkanpun bervariasi, biasanyatergantung dari posisi dan pengalaman yang dimiliki.

4.Surveyor

Lulusan agroekoteknologi juga berpeluang besar menjadi surveyor. Para surveyor ini bisa untuk Badan Koordinasi Survei serta di Badan Pertahanan Nasional. Untuk gaji seorang surveyor juga bervariasi tergantung dari pengalaman serta berapa banyak survei yang pernah dijalankan.

Baca Juga :  Bikin Rumah Pintar Lebih Menyenangkan Dengan 5 Perangkat Digital Ini

5.Bekerja di Bank

Profesi ini mungkin tak berhubungan dengan lingkup ilmu agroekoteknologi. Akan tetapi, profesi ini tetap terbuka lebar untuk lulusan jurusan agroekoteknologi. Gaji yang diperoleh pun cukup besar. Tergantung pengalaman, apakah seorang freshgradute dan akan bertambah seiring posisi dan pengalaman.

6.Peneliti

Ilmu yang didapatkan di jurusan agroekoteknologi bisa dijadikan bekal untuk menjadi seorang peneliti. Profesi ni sangat cocok sekali bagi seseorang yang memiliki hobi melakukan riset atau penelitian. Gaji seorang peneliti biasanya juga cenderung tinggi bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

7.Akademisi

Salah satu profesi yang bisa diambil yaitu menjadi dosen atau akademisi. Bagi seseorang yang senang memberikan ilmunya kepada orang, maka profesi ini patut untuk dilakukan. Gaji yang diberikan pun juga tergantung dan terus meningkat sesuai pengalaman serta prestasi.

Itulah, beberapa ulasan peluang karir jurusan agroekoteknologi yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan bidang tersebut. Dari ketujuh poin tersebut, sebenarnya masih banyak peluang-peluang lain yang bisa didapatkan melalui jurusan agroekotenologi.. Seperti halnya dengan menjadi seorang pengusaha. Semoga, rangkuman tersebut dapat membantu untuk mengenali bagaimana peluang karir bagi seorang lulusan agroekoteknologi.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait