Puluhan Siswa di Kediri Ikuti Seleksi Olahraga Permainan Tradisional Tingkat Provinsi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Puluhan Siswa di Kediri Ikuti Seleksi Olahraga Permainan Tradisional Tingkat Provinsi
Seleksi lomba tradisional untuk siswa SMP di Kediri (Foto: Anis Firmansyah/Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Puluhan Siswa di Kediri Ikuti Seleksi Olahraga Permainan Tradisional Tingkat Provinsi

Satukanal.com, Kediri – Puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kediri mengikuti seleksi olahraga permainan tradisional di lapangan Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Rabu (16/6/2021). Nantinya para pemenang seleksi akan mewakili Kabupaten Kediri dalam lomba di tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

PLT Seksi Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Tri Setyo Nugroho mengatakan, seleksi Cabor tradisional diikuti sebanyak 39 siswa dari 52 lembaga SMP se-Kabupaten Kediri. Adapun olahraga yang dimaksud dalam kegiatan ini antara lain balap Terompah dan Egrang.

“Paling tidak, pertama kita bisa melestarikan warisan leluhur, permainan nenek moyang. Kedua hasil dari ini, adalah untuk seleksi yang akan dibawa ke tingkat Provinsi Jatim,” kata Tri, kepada Satukanal.com, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga :  Tutup Total, PKL Alun-alun Batu Bingungkan Nasib

Dia juga menjelaskan dalam seleksi olahraga tradisional ini, setiap lembaga SMP diwakili oleh 3 orang siswa kategori egrang dan perwakilan 5 orang siswa perwakilan kategori Terompah.

Menurut Tri, pihaknya sudah menetapkan peraturan permainan olahraga tradisional dari formulir resmi, dengan panjang lintasan 50 meter. Dengan ukuran-ukuran standar tersebut, permainan bisa dilakukan oleh anak-anak, remaja, dan umum secara aman.

“Egrang dimainkan 3 kali secara estafet. Pemain pertama saat start, lalu pemain kedua dan ketiga berada di tempat finish,” terangnya.

Baca Juga :  Kelayapan Malam di Kota Malang bakal Dites Swab Secara Acak

Dia menyebutkan selain egrang, ada 5 Cabang olahraga (Cabor) Tradisional seleksi yang diikutsertakan dalam tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Yakni Cabor terompah, hadangan, egrang, sumpitan, dan dabongan.

“Karena masih dalam pandemi, Kita masih hanya mengadakan terompah dan egrang. Dilanjutkan tingkat provinsi yang mestinya tanggal 21 sampai 23 bulan Juni ini, diundur bulan Juli-Agustus,” katanya.

 

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Ubaidhillah

Kanal Terkait