Puluhan Pemuda Kediri Geruduk Kantor Bawaslu | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Puluhan Pemuda Kediri Geruduk Kantor Bawaslu
BERITA ISU PILIHAN POLITIK STRAIGHT NEWS

Puluhan Pemuda Kediri Geruduk Kantor Bawaslu

SATUKANAL.com, KEDIRI – Puluhan pemuda melakukan aksi demonstrasi menuntut bukti hasil kerja dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri, dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020. Aksi tersebut dilakukan di depan Kantor Bawaslu, yang ada di Jalan Pamenang, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Rabu (21/10/2020).

Dalam orasinya beberapa permasalahan yang disebutkan seperti netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa, Kepala Kecamatan, Asisten Pendidik (Asdik), Pengawas Kecamatan (Panwascam), dan beberapa pelanggaran Alat Peraga Kampanye.

“Bawaslu tidak melakukan kerja nyata. Silahkan keluar, temui kami dengan membawa data hasil kerja,” kata Koordinator lapangan aksi, Tomi, saat melakukan orasi.

Baca Juga :  Calon Bupati Kediri, Gelar Diskusi Desa Inovasi Tanaman Organik

Ketua Bawaslu, Sa’idatul Umah mengatakan, berbagai tuntutan yang disuarakan oleh peserta aksi sudah banyak yang dilakukan. Seperti penertiban pelanggaran APK, penanganan dugaan ASN, juga netralitas pejabat desa, dan sebagainya.

Menurutnya, terkait pengawasan ASN, kapasitas Bawaslu hanya sebatas penanganan. Untuk seluruh daftar nama pelanggar telah dicantumkan dipapan pengumuman Bawaslu.

Sa’idah melanjutkan, Bawaslu melalui jajaran tingkat bawah juga sudah mengawal sosialisasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri. “Untuk proses pengawasan lebih lanjut kami butuh informasi awal seperti data, bukti dan saksi. Kalau benar-benar ada informasi awal pun, langsung kita tindak lanjuti, dan kami tidak berhenti untuk itu,” terangnya.

Baca Juga :  Sinergi Disperdagin dan DPM-PTSP Kota Kediri Fasilitasi Izin Usaha bagi UMKM

Sebelumnya, saat aksi berlangsung sempat terjadi kemacetan selama 30 menit di jalan Pamenang, depan Kantor Bawaslu. Hal itu dilakukan sebagai ancaman apabila anggota tidak menemui peserta aksi.

Hingga pada akhirnya jalan kembali dibuka setelah empat anggota Bawaslu menemui peserta aksi. Demonstrasi berlangsung selama waktu satu jam.

 

Pewarta : Anis Firmansyah 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait