Puluhan Disabilitas Mengikuti Pelatihan Aksesoris Dinsos Kabupaten Kediri | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Puluhan Disabilitas Mengikuti Pelatihan Aksesoris Dinsos Kabupaten Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Puluhan Disabilitas Mengikuti Pelatihan Aksesoris Dinsos Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Puluhan penyandang disabilitas mengikuti pelatihan pembuatan aksesoris di Balaidesa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Selasa (10/11/2020).

Pelatihan diadakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kediri, yang bertujuan salah satunya untuk memotivasi para penyandang disabilitas untuk berwirausaha.

“Kaki saya dulu kecelakaan sejak 2007. Patah paha tidak bisa untuk pekerjaan yang lebih berat. Sekarang mengandalkan otak dan tangan, kaki sudah enggak kuat,” kata Mujiati, Disabilitas asal Desa Tempurejo, kepada Satukanal.com, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga :  Dinas Perikanan Tebar 65.500 ekor Ikan di Sumber Rau

Selama kegiatan pelatihan, ia mengungkapkan mampu mengikuti materi-materi yang diberikan dengan mudah. Hanya saja masih perlu kebiasaan untuk kerapiannya. Disebutkan, memerlukan waktu selama 30 menit untuk menyelesaikan aksesoris tersebut.

Selain itu penyandang disabilitas lain yang hadir seperti Tunanetra, Tunarungu, Tunadhaksa, dan Autis. “Awalnya juga belum rapi. Kelihatannya sulit, setelah dicoba mudah.
Memang tidak begitu sulit,” terangnya.

Smentara itu, Lucky Purnami selaku pemateri pelatihan mengatakan, bahan materi yang diterapkan untuk para penyandang disabilitas antara lain aksesoris Brose, kalung, dan gelang. Beberapa bahannya terbuat dari manik-manik Akrilik, dan Cristal.

Baca Juga :  Disbudpar Kabupaten Kediri Upayakan Peningkatan Kualitas Pengelola Wiasata Dimasa Pandemi

Ia juga mengungkapkan kan masih terkendala kesulitan dalam penyampaian bahasa. ” Ada kesulitan penyampaian bahasa. Apalagi khusus teman-teman tunawicara. Tapi Alhamdulillah sudah terbantu dengan penerjemah,” pungkasnya. (adv)

Kanal Terkait