Puluhan Anak Yatim Korban Covid Ikuti Healing, PSBR Jombang: Dukung dan Bantu! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Puluhan Anak yatim di Jombang yang mengikuti Healing (Foto: Anggit Puji/satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Puluhan Anak Yatim Korban Covid Ikuti Healing, PSBR Jombang: Dukung dan Bantu!

Satukanal.com, Jombang – Puluhan anak yatim piatu di Kabupaten Jombang yang ditinggal orang tuanya akibat Covid-19 kini mendapatkan bantuan healing dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, melalui UPT PSBR (Pelayanan Sosial Bina Remaja) Jombang.

Pitono, Plt. UPT PSBR Jombang mengatakan, anak-anak yang ditinggalkan oleh orang tuanya ini, butuh bantu Psikososial untuk tetap dapat bercita-cita di masa depan, meskipun saat ini mengalami guncangan hebat pada dirinya.

Dengan berdialog, petugas yang berasal dari PSBR mengajak para anak-anak untuk mencurahkan isi hati, pasca kehilangan orang tua.

Para petugas juga mengajak bermain dengan beberapa game permainan untuk menghibur anak-anak yatim piatu tersebut.

“Covid-19 belum juga berhenti. Angka kematian dikalangan orang tua usia produktif meningkat tajam. Demikian juga kasus di Kabupaten Jombang. Akan mudah menemukan anak rentang usia 0 sampai 18 tahun, yang ditinggal mati pilar keluarga baik ditinggal mati ibu, ayah, maupun kedua-duanya. Anak terancam dalam kondisi keterlantaran,” ucap Pitono, Plt UPT PSBR Jumat (6/8/2021).

Pitono melanjutkan, terlantar yang dimaksud bukan saja dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok tapi juga dalam dukungan Psikososial. Seperti keberlanjutan pendidikan atau perkembangan intelektualitas, kasih sayang, keceriaan dan unsur psikososial lainnya.

“Kegiatan ini bukan sekedar penyaluran bantuan, namun juga sebagai dukungan psikososial bagi anak-anak,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Pitono menegasakan, dukungan tidak akan berhenti hanya pada saat hari ini saja. Jika ditemukan anak yang memerlukan dukungan lanjutan, seperti pengasuhan, keberlanjutan sekolah serta wadah pengganti keluarga inti.

Sementara itu, ada 30 UPT yang dapat dijadikan rujukan, terutama UPT dalam cluster Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak (PPSAA) dan Pelayanan Sosial Bina Remaja (PSBR).

“Sehingga ada keterjaminan pengasuhan dan pendidikan anak usia 0 sampai dengan 18 tahun sampai lulus SLTA. Jika diperlukan, terdapat stakeholder lain, seperti pihak swasta serta LKS sejenis,” tuturnya.

Menurutnya, anak adalah aset keberlanjutan bangsa. Di dalamnya, ada calon-calon pemimpin di masa depan dimana perkembangannya harus dikawal sampai tuntas. Sesuai dengan slogan Khofifah Indar Parawansa ‘CETTAR’ dengan elaborasi slogan Alwi sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, “Melayani Menyelesaikan!”.

Seperti yang diketahui, dalam pendataannya ada 25 anak yatim piatu saat ini yang menerima bantuan dari UPT PSBR Jombang. Sebanyak 15 orang hadir di Gedung PSBR Jombang dan menerimanya secara langsung sedangkan 10 anak yatim piatu tidak bisa hadir dan disalurkan oleh Piono secara langsung dengan berkunjung ke rumah masing-masing anak yatim piatu.

Sedikit informasi, bantuan ini merupakan sumbangan dari ASN, Wings Peduli dan Dinsos Jombang. Hadir dalam acara tersebut Heru Cahyono, Sekretaris Dinsos Jombang dan Eko Sulistyono Kabid Rehsos Dinsos Jombang.

 

 

Pewarta: Anggit Puji
Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait