PTM 13 September 2021, Madrasah di Jombang Terapkan Kurikulum Darurat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Madrasah di Jombang menyongsong pembelajaran tatap muka. (foto: Anggit Puji/satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

PTM 13 September 2021, Madrasah di Jombang Terapkan Kurikulum Darurat

Satukanal.com, Jombang – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Jombang tinggal menghitung hari. Untuk memudahkan PTM pada masa pandemi Covid-19, madrasah di kota Santri akan menggunakan kurikulum darurat.

“Yang membuat kurikulum dari setiap madrasah, tujuannya agar mempermudah belajar siswa. Selama pandemi kurikulum sudah digunakan,” kata Arif Hidayatullah, Kasi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang pada Rabu (8/9/2021).

Madrasah dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah akan menggelar PTM pada 13 September 2021. Saat PTM digelar itulah, kurikulum darurat akan diterapkan.

Meskipun dibuat oleh masing-masing madrasah, namun aspek kurikulum yang diprioritaskan seperti karakter, ilmu sosial, ibadah serta keagamaan. Sementara untuk materi Kompetensi Dasar (KD) tidak terlalu difokuskan. “Dengan kurikulum ini, guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran,” katanya.

Baca Juga :  Masuk Daerah Rawan Kekeringan, Pemkab Mojokerto Suplai Air Bersih di Desa Duyung

Kemudian, pemberian materi kepada para siswa juga hanya materi inti dan memperhatikan esensi. Sedangkan untuk materi penunjang bisa dipelajari sendiri oleh para siswa.

“Materi pada kurikulum darurat ini lebih sederhana, sesuai dengan kondisi saat ini, sehingga tidak terlalu memberatkan para siswa,” tukasnya.

Sebagai Informasi PTM di Kabupaten Jombang yang direncanakan digelar tanggal 13 September 2021, tidak hanya menyasar lembaga pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) namun, lembaga pendidikan madradah dibawah naungan Kementrian Agama (Kemenag) juga akan digelar pada tanggal yang sama.

Baca Juga :  Tak Bisa Berkegiatan Kesenian, Pemkab Mojokerto Salurkan Bansos Pada Pengrawit

Untuk kapasitas ruang kelas, MI, MTS, MA 50 persen, sedangkan RA hanya 33 persen saja. Jarak antar siswa di kelas juga dibatasi 1,5 meter. Syarat lainnya ialah, surat izin dari orang tua, jika siswa tidak diizinkan masuk sekolah maka akan diganti dengan pembelajaran daring.

Selama PTM madrasah dibawah naungan Kemenag telah menyiapkan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran seperti bilik disinfekat, thermogun, tempat cuci tangan serta UKS.

Pewarta : Anggit Puji

Editor : Danu Sukendro

 

Kanal Terkait