Proyeksi Tempat Baru PKL, Alun-alun Jombang Bersolek Sedot Miliaran Rupiah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Proyeksi Tempat Baru PKL, Alun-alun Jombang Bersolek Sedot Miliaran Rupiah
Grand Design proyek revitalisasi alun alun Jombang (Foto: Anggit/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Proyeksi Tempat Baru PKL, Alun-alun Jombang Bersolek Sedot Miliaran Rupiah

Satukanal.com, Jombang – Dana sebesar Rp 9,7 miliar, digerojok Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang untuk mempercantik Alun-alun. Rencana revitalisasi sendiri sudah direncanakan dan masuk dalam anggaran Pemkab pada tahun 2020 silam. Namun, karena pandemi Covid-19, mega proyek ini baru akan terlaksana pada tahun 2021 ini.

Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh CV. Berkah Ramadhani Persada melalui proses tender oleh PJB dengan nilai penawaran miliyaran rupiah. Terkoreksi sebesar Rp. 8.039.552.145 dan sudah dilaksanakan penandatanganan kontrak pada tanggal 27 Agustus 2021 lalu.

Dalam tahapan revitalisasi, Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, revitalisasi tersebut sangat dibutuhkan.  Mengingat, kondisi yang ada sekarang (eksisting) dipandang kurang layak sebagai ikon Kabupaten Jombang.  Oleh karena itu, pihaknya tidak ingin Jombang hanya sekedar berjalan apa adanya, akan tetapi harus ada lompatan.

Baca Juga :  Jelang PTM, Sterilisasi Sekolah di Jombang mulai Dilakukan

Dirinya menyebut bahwa Jombang harus menjadi lebih baik. Sebab itu, pihaknya mendukung Pembangunan Jombang yang diawali dengan membangun dan memperindah Alun-alun Jombang sebagai wajah kota. “Agar menjadi indah dan memberikan rasa nyaman untuk masyarakat juga manfaat,” kata Mundjidah Wahab, Senin (13/9/2021).

Pengembangan wilayah tersebut dimulai dari titik nol (Alun-alun) ini diharapkan mampu menjadi area baru Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pengembangan gerai UMKM unggulan Jombang yang terkonsep. Harapannya juga sebagai area destinasi kuliner dan pusat oleh-oleh jalur wisata religi (Gus Dur) serta menjadi sentra bisnis baru sebagai wujud pengembangan kota baru Jombang.

Baca Juga :  Kursi Sekda Jombang Kosong, DPRD Angkat Suara

Selain itu, ia menyebutkan bahwa perencanaan teknis revitalisasi Alun-alun telah dilaksanakan pada perubahan APBD (P-APBD) 2020 oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang dengan konsultan perencana PT. Sugitech Indo Tama dengan anggaran 100 juta.

“Perencanaan DED tersebut telah diawali dengan pengumpulan data, masukan dan koordinasi lintas OPD dengan tetap mempertahankan fungsi alun-alun sebagai publik area berdasarkan skala prioritas,” pungkasnya. Misalnya, Alun-alun sebagai fungsi tempat upacara kenegaraan, sebagai tambahan halaman Masjid Jami’ yang terintegrasi yang mampu menampung jamaah pada acara keagamaan.

 

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

Kanal Terkait