SATUKANAL.COM
BERITA

Proyek Pembangunan Islamic Center Rp 45,2 Miliar Mulai Naik Lelang

Kota Malang bakal segera benar-benar memiliki Islamic Center. Saat ini, proyek pembangunan gedung yang akan menjadi pusat studi Islam yang dilengkapi dengan museum Alquran itu telah naik lelang. Pengerjaan konstruksi tersebut mendapat jatah anggaran Rp 45,2 miliar.

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan bahwa Islamic Center menjadi salah satu proyek infrastruktur terbesar yang dibangun pada tahun anggaran 2019 ini. “Tahun ini belum banyak kegiatan spektakuler. Kan hanya dua. Salah satunya Islamic Center. Untuk pembangunan lainnya seperti jembatan Kedungkandang dan rumah kreatif kan masih 2020 nanti,” ujarnya.

Dia menyebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menargetkan bahwa pengerjaan Islamic Center bisa rampung tahun ini. “Ini saya rasa sudah sesuai dengan DED (detail engineering design) yang kami harapkan itu nanti tuntas. Seperti (rencana pembangunan) balaikota itu nanti tuntas lah (tahun ini),” papar Pak Aji, sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Berdasarkan data Sistem Layanan Pengadaan secara Elektronik (LPSE) Kota Malang, lelang konstruksi Islamic Center mendapat kode tender 2385192 dan mulai diunggah pada 11 Februari lalu. Tertera nilai pagu paket Rp 45,2 miliar dengan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) paket Rp 41,8 miliar.

Beberapa syarat di antaranya memiliki surat izin usaha jasa konstruksi yang masih berlaku dan melampirkan SBU jasa konstruksi bangunan komersial BG 004. Juga memiliki surat keterangan dukungan keuangan dari bank pemerintah atau swasta untuk mengikuti pengadaan barang/jasa.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Sutiaji menilai, Islamic Center yang akan dibangun di Kota Malang harus berbeda daripada kota lain di Indonesia. Sebab, jika berkaca pada pengalaman daerah-daerah lain yang terlebih dulu membangun, banyak bangunan Islamic Center yang terbengkalai dan tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Salah satu yang dilakukan agar Islamic Center Kota Malang lebih cantik dan menarik, misalnya dengan pembangunan museum Alquran. “Nanti dengan adanya museum Alquran, tidak hanya menambah ilmu pengetahuan. Tetapi juga bisa untuk menggiring wisatawan untuk berkunjung,” pungkasnya.

Kanal Terkait