SATUKANAL.COM
Proses Penerbitan UU Tak Kunjung Kelar, Pesantren di Kediri Desak Pemerintah segera Keluarkan Perpres
Foto : KH Anim Falahudin Mahrus
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Proses Penerbitan UU Tak Kunjung Kelar, Pesantren di Kediri Desak Pemerintah segera Keluarkan Perpres

SATUKANAL, KEDIRI – Sejak dicanangkan pada Maret 2019 yang lalu, proses penggodokan Undang-Undang (UU) Pesantren belum juga membuahkan hasil yang konkret. Hal itu pun menimbulkan banyak respons di kalangan pesantren, tak terkecuali di Kediri.

Bahkan salah satu pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri pun mendesak pemerintah untuk melakukan percepatan penerbitan UU Pesantren agar segera terealisasi program-program pesantren yang sudah dibuat.

“Yang jelas dari kalangan pesantren mendesak pemerintah untuk segera menerbitkan peraturan menteri agama agar UU Pesantren ini segera bisa terlaksana di pesantren,” kata Kyai An’im Falahuddin Mahrus, salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri saat ditemui Satukanal.com di Penutupan Forum Batsul Masail di Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri, Kamis (14/2/2020) malam.

Salah satu Anggota Komisi 8 DPR RI tersebut juga mendesak Presiden agar segera membuat Peraturan Presiden (Perpres) agar percepatan dapat segera terlaksana.

“Yang jelas eksistensi pesantren yang mana keberadaannya yang jauh sebelum kemerdekaan ini agar segera diakui. Selain itu, jerih payah pesantren terdahulu meraih kemerdekaan juga segera diakui,” ungkapnya.

Selain pengakuan, katanya, undang-undang tersebut juga sangat penting agar para santri di mana pun berada tidak tertinggal dengan para pelajar maupun mahasiswa pada umum. “Harapannya juga agar kita tidak ketinggalan kereta ditelan pembangunan di Indonesia ini,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut Menteri Agama Republik Indonesia (RI) Fachrul Razi menyatakan hingga saat ini UU Pesantren masih dalam dalam proses penyusunan di kementerian.

“Itu akan menjadi perhatian kami, dan akan kami kembangkan nantinya. Undang-Undang Pesantren sedang kami proses di Kementerian Agama, semoga tahun ini sudah selesai dan santri bisa lebih maju lagi,” tutupnya.

Pewarta: Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait