Melalui Program PTSL, Sejumlah Warga Desa Olak Alen Dapat Sertifikat Tanah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Melalui Program PTSL, Sejumlah Warga Desa Olak Alen Dapat Sertifikat Tanah
Penyerahan sertifikat tanah oleh wakil bupati blitar kepada sejumlah warga desa olak-alen (Foto: Dokumentasi Pemkab Blitar)
BERITA Kanal Straight

Melalui Program PTSL, Sejumlah Warga Desa Olak Alen Dapat Sertifikat Tanah

Satukanal.com, Blitar – Tidak adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain di kalangan masyarakat, baik antarkeluarga, tak jarang sengketa lahan juga terjadi antarpemangku kepentingan (pengusaha, BUMN dan pemerintah). Hal itu membuktikan pentingnya sertifikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki.

Menimalisir adanya persoalan tersebut, pada 1 Sepember lalu, Pemerintah Kabupaten Blitar dengan diwakili oleh Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, kembali membagikan sertifikat massal kepada sejumlah warga di Desa Olak-Alen Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar. Pembagian sertifikat gratis kepada sejumlah warga Desa Olak-Alen tersebut merupakan salah satu program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap).

Baca Juga :  PTM 13 September 2021, Madrasah di Jombang Terapkan Kurikulum Darurat

Diketahui, program PTSL sendiri merupakan proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Sementara itu, Makdhe Rahmat sapaan akrab Wabup Blitar turut mengapresiasi pelayanan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Blitar melalui program PTSL maupun Reguler. Dirinya juga menjelaskan bahwa, sertifikat tersebut nantinya akan dibagikan menjadi dua tahap. “Semoga kerjasama yang sudah berjalan dengan baik bisa lebih ditingkatkan pada masa yang akan datang,” terangnya.

Baca Juga :  Permintaan Kartu Nikah Digital di Kabupaten Kediri Masih Minim, Padahal Banyak Keuntungan

Pada kesempatan itu, Makdhe Rahmat juga berpesan kepada masyarakat yang baru menerima sertifikat tanah supaya tidak digadaikan untuk hal-hal yang konsumtif. Sebagai informasi, Wakil Bupati Blitar membagikan sertifikat massal dalam program PTSL di Desa Olak-Alen turut hadir Kepala BPN Kabupaten Blitar, Camat, Kepala Desa beserta jajarannya.

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait