SATUKANAL.COM
BERITA

Problematika Sampah Tak Kunjung Usai, TPS di Kota Malang Bakal Direvitalisasi

Problematika sampah di Kota Malang yang tak kunjung usai menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Pasalnya, proses menanggulangi sampah selain harus dimulai secara mandiri juga harus dibarengi dengan fasilitas penunjang.

Salah satunya, keberadaan tempat pembuangan sementara (TPS) di setiap kelurahan di wilayah Kota Malang. Jika fasilitas penunjang ini mengalami kerusakan tentunya akan menimbulkan efek ketidaknyamanan bagi masyarakat dan juga efek lainnya.

Karenanya, Pemkot Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) merencanakan untuk melakukan revitalisasi TPS yang tersebar di wilayah Kota Malang.

Plt Kepala DLH Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi mengatakan rencana revitalisasi ‘TPS Cantik’ nantinya akan berkonsep dengan nuansa hijau dan asri yang dipenuhi berbagai macam tumbuhan.

“Cita – cita kami ingin membuat TPS Cantik. Jadi nuansanya hijau dan asri. Sehingga aktivitas di TPS tidak mengganggu orang lain,” ujar dia.

Hanya saja, untuk merealisasikan hal itu tidaklah mudah. Pihaknya masih akan melakukan kajian lebih lanjut, apalagi masih perlu membicarakan terkait aset, lahan, dan juga anggarannya.

“Kami masih tetap akan mengkaji lebih dulu. Tentunya kami juga akan realistis. Ya namanya impian, kita ingin TPS ini tidak terlihat kumuh. Tapi, sementara yang ada ini kami optimalkan sambil menunggu itu,” imbuh dia.

Tak hanya itu, pemantauan di 73 TPS di Kota Malang juga dilakukan untuk memastikan kondisi TPS. Dan memastikan sampah yang berasal dari lingkungan setempat benar dibawa ke TPS.

“Kita safari ke TPS-TPS untuk memastikan kondisinya seperti apa dan bagaimana. Dan kita lihat bagaimana lingkungannya membuang sampah dengan memanfaatkan TPS yang ada ini,” pungkas dia.

Kanal Terkait