Prestasi Madrasah Di Kabupaten Malang Melejit, Kemenag Perbanyak Madrasah Riset Dan Keterampilan | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Prestasi Madrasah Di Kabupaten Malang Melejit, Kemenag Perbanyak Madrasah Riset Dan Keterampilan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Prestasi Madrasah Di Kabupaten Malang Melejit, Kemenag Perbanyak Madrasah Riset Dan Keterampilan

SATUKANAL.com, MALANG– Kabupaten Malang kini memiliki 10 madrasah keterampilan dan 10 madrasah riset yang ditetapkan bersamaan dengan launching PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Atap) Online.

Penetapan madrasah plus tersebut bertempat di aula Kemenag Kabupaten Malang pada Selasa (5/01/2021) sore, saat Hari Amal Bakti Kemenag ke 75. Penetapan itu dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenag Jatim Dr H Ahmad Zayadi MPd.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang Dr Mustain MAg mengatakan, program madrasah riset ini adalah berupa bimbingan teknis kepada para ustad dan ustadzah di Kabupaten Malang. Salah satunya dengan mengimplementasikan kemampuan bidang riset yang bisa memadukan ilmu-ilmu sains dan nilai-nilai ajaran Islam.

“Sehingga, diharapkan apabila kualitas dan kompetenensi ustad dan ustadzah ini bagus, maka siswa madrasah bisa berkembang dan bersaing dalam menjalankan riset akademis, ” ujarnya menerangkan.

Menurut Mustain, madrasah-madrasah di Kabupaten Malangsudah ada yang berprestasi di tingkat nasional. Maka dari itu, tahun ini ia mencanangkan kebangkitan madrasah.

Prestasi madrasah di Kabupaten Malang yang semakin melejit juga membuat kantor-kantor kementerian Agama (kemenag) Kabupaten Malang getol mengembangkan madrasah berbasis riset agar prestasi yang diraih bisa bertahan dan bahkan bisa ditingkatkan.

Baca Juga :  PPKM Kabupaten Malang, Wali Santri Pondok Pesantren Dilarang Berkunjung

Lebih lanjut, ia mengatakan jika madrasah-madrasah yang sering ikut penelitian mendapat SK dari kemenag RI sebagai madrasah riset. Dikatakan, pada tahun 2020 ini meski dalam kndisi pandemi covid-19 namun madrasah bisa berprestasi.

Adapun rincian 10 madrasah riset dari MTs dan MA Negeri dan swasta yaitu MTs Negeri 1, 3,4, 6,7, MAN 1,2 dan MA NU Integratif Al Hikmah, MA Al Ittihad dan MA Bahrul Ulum Jatisari.

Sedangkan 10 madrasah Aliyah Keterampilan adalah MAN 1, 2, 3, MA Al Islah, Al Huda, Walisongo, Mambaul Ulum, Ar Ridlo, Khairuddin dan Al Ittihad.

Sementara itu, Dr M Arifin MPd, Kasi Mapenda Kemenag Kabupaten Malang menambahkan sejumlah prestasi bergengsi diraih oleh siswa madrasah seperti lewat Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO).

Ada yang juara I bidang agama yang diraih oleh MI Al Khoiriyah Gondanglegi. Kemudian MAN 1 Gondanglegi meraih juara II bidang geografi. Ada juga untuk fisika diraih oleh MA Al Ittihad Poncokusumo juara III.

Baca Juga :  Tingkatkan Kreativitas Masyarakat, Bupati Malang Buka Pameran Virtual Expo Produk Usaha Mikro Kabupaten Malang Tahun 2020

Selanjutnya kompetisi Myres yaitu Madrasah Young Researchers oleh Kemenag, dua MTs Kabupaten Malang diraih oleh tim dari MTs Negeri 6 dan MTs Negeri 1.

“Bagi kami, kompetisi itu bergengsi karena diselenggarakan oleh Kemenag,” jelasnya.

Pada kesempatan itu pula, Zayadi selaku Kepala kanwil kemenag Jatim juga memuji inovasi yang dilakukan oleh Kemenag Kabupaten Malang seperti PTSP Online. Menurutnya, pelayanan di masa pandemi harus lebih fleksibel. Karena adanya tuntutan masyarakat pada pelayanan publik tinggi.

Selain harus cepat, efisien dan akurat, namun juga fleksibel. Seperti halnya izin mnegurus madrasah cukup lewat online.

“Kabupaten Malang sudah memulai ini. Karena itu saya sarankan bagi kantor Kemenag lainnya di Jawa Timur untuk harus benar-benar online,”ungkapnya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait