Prediksi Penetapan Hari Natal Bersamaan dengan Ramadhan Tahun 2031, Ini Sebabnya. - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Prediksi Penetapan Hari Natal Bersamaan dengan Ramadhan Tahun 2031, Ini Sebabnya.
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Prediksi Penetapan Hari Natal Bersamaan dengan Ramadhan Tahun 2031, Ini Sebabnya.

SATUKANAL.com, NASIONAL – Penetapan tanggal 1 bulan Ramadhan berubah setiap tahun Masehi hal ini dikarenakan Kalender Islam disebut juga kalender Qomariyah  berpatokan pada gerak bulan. Cara menghitung bulan Ramadhan biasanya menggunakan 2 metode di Indonesia.

Metode yang pertama yaitu, Metode Hisab Metode ini, biasanya dilakukan oleh kebanyakan Ormas Muhammadiyah. Caranya adalah dengan memperhitungkan pergerakan bulan terhadap bumi dengan ilmu falaq atau astronomi. Metode Hisab ini bisa memprediksi posisi bulan sejak jauh-jauh hari untuk menentukan awal puasa Ramadan. Oleh karena itu metode hisab untuk menentukan awal bulan Ramadan tidak harus melihat bulan di langit secara langsung.

Sedangkan metode yang kedua yaitu, Metode Rukyatul Hilal. Rukyatul adalah aktivitas mengamati atau melihat suatu benda dengan maksud dan tujuan tertentu. Sedangkan hilal berarti bulan yang tampak di langit untuk dijadikan patokan awal atau akhir perhitungan suatu penanggalan.
Dalam kitab Fathul Qadir (mazhab Hanafi) dikatakan, “Apabila telah ditetapkan bahwa hilal telah terlihat di sebuah kota, maka wajib hukumnya penduduk yang tinggal di belahan bumi Timur untuk mengikuti ketetapan rukyatul yang telah diambil kaum muslimin yang berada di belahan bumi Barat.” Kendati ada perbedaan metode yang digunakan di Indonesia, pemerintah biasanya akan memutuskan awal Ramadan dengan cara sidang isbat.

Baca Juga :  e-HAC Jadi Syarat Wajib Perjalanan Udara dan Laut. Simak Panduannya!

Kemudian perayaan hari raya umat kristiani atau Hari Natal, ditetapkan pada tanggal 25 Desember kalender yang mengandalkan siklus bumi mengelilingi matahari. Sekitar 365,5 hari per tahun. Oleh karena itu tak heran jika Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri mengalami kenaikan pada kalender.

Sehingga Kalender pada tanggal 25 Desember tahun 2031 diprediksikan, bahwa tepat pada Hari Natal bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Momentum seperti ini juga pernah terjadi di Masa Orde Baru tahun 1998. Meskipun hal ini bukan merupakan kejadian pertama kalinya, masyarakat sangat antusias menantinya. Bagaimana tidak, tentu saja perayaan hari raya masing- masing umat akan berlangsung dengan hikmat dan meriah. Toleransi antar agama terlihat kontras, umat kristiani melaksanakan hari raya natal. Sedangkan umat Islam merayakan ramadhan dan idul fitri. Satukanal.com, Sabtu (26/12/20).

Baca Juga :  7 Makanan Ampuh Menekan Nafsu Makan Berlebih

Pewarta: Yuni Shafera
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait