PPKM Mikro, Tekan 271 RT Berzona Kuning di Kabupaten Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM Mikro, Tekan Sebanyak 271 RT Berzona Kuning di Kabupaten Kediri
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

PPKM Mikro, Tekan 271 RT Berzona Kuning di Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, memberi kebijakan Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, dengan mengatur pengawasan status zona warna penyebaran Covid-19 di tingkat Rukun Tetangga (RT), pada setiap desa Kabupaten Kediri.

Sekertaris Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, mengatakan pengawasan dilakukan pada kelayakan ruang isolasi mandiri di tingkat RT. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Kediri Nomor : 188.45/434/428.74/2021, akan dilakukan peningkatan pengawasan melalui Posko Penanganan Covid-19 di setiap desa.

“Kita (Pemkab Kediri) dari sebanyak 9000 sekian RT, sebagian berada di zona hijau. Zona Merah nihil. Sedangkan zona Kuning sebanyak 271 RT,” kata Slamet Turmudi, ke Satukanal.com, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga :  Densus 88 Lakukan Penangkapan Terduga Teroris di Kabupaten Kediri

Dirinya juga menyebutkan kriteria berzona hijau, apabila tidak terdapat warga terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan untuk zona warna Kuning terdapat sebanyak 1, sampai 5 warga terkonfirmasi positif.

Dilanjut untuk zona warna oranye sebanyak 6, sampai 10 warga terkonfirmasi positif. Dan dikatakan berada pada zona warna merah, apabila ada sebanyak lebih dari 10 warga terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kita (Pemkab Kediri) adanya zona Hijau, dan kuning. Karena maksimal di setiap RT ada 3 yang terkonfirmasi positif. Ini terkait kasus aktif di keseluruhan Kecamatan,” jelasnya.

Baca Juga :  Kajian Tim BPCB Jatim, Pencungkupan Hingga Eskavasi Situs Tondowongso

Menurut Slamet kasus penyebaran aktif virus Covid-19, tidak hanya terjadi beberapa desa. Namun zona merah tingkat RT, menyebar di seluruh 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri.

Dengan demikian, posko juga akan dipastikan ada di setiap desa, tanpa menghiraukan warna zona penyebaran Covid-19. “Semua desa akan sama dibuat Posko, namun penanganannya yang berbeda. Karena masing-masing RT ada zona warnanya. Zona hijau juga bisa berpotensi,” tandasnya.

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait