PPKM Mikro Diperpanjang, Satgas Covid Klaim Menurunkan Angka Terkonfirmasi di Kabupaten Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM Mikro Diperpanjang, Satgas Covid Klaim Menurunkan Angka Terkonfirmasi di Kabupaten Kediri
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

PPKM Mikro Diperpanjang, Satgas Covid Klaim Menurunkan Angka Terkonfirmasi di Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri resmi memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro di Kabupaten Kediri, tertanggal 9 Maret, sampai 22 Maret 2021.

Sekertaris Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Kediri Slamet Turmudi, mengungkapkan PPKM skala Mikro menjadi upaya efektif untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19. Dengan fokus penanganan Mikro tingkat Rukun Tetangga (RT), dengan mudah melakukan pemetaan secara zonasi di Kabupaten Kediri.

“Dari total jumlah 9265 RT. Pemberlakuan PPKM Mikro zona kuning sebelumnya sebanyak 269 RT, menjadi 145 RT. Artinya ini sangat efektif menurunkan zona dimasing-masing RT,” kata Slamet, saat ditemui satukanal.com, Rabu 10 Maret 2021.

Dia juga juga mengungkapkan, saat ini tidak terdapat daerah RT berzona warna oranye dan merah. Dalam perpanjangan PPKM skala Mikro sejumlah 145 RT berada di zona Kuning, sedangkan yang lainya berzona warna hijau yang tersebar di 26 kecamatan Kabupaten Kediri.

Baca Juga :  Pandemi Tak Kunjung Usai, Penjualan Buku di Kediri Lesu

Kecamatan Pare dan Ngasem, menjadi fokus dalam pusat penanganan penyebaran virus Covid-19. Disebutkan, mengalami  penurunan signifikan berkat penerapan kebijakan PPKM Mikro sejak beberapa minggu yang lalu.

“Membuktikan dua kecamatan ini menjadi fokus kita, dalam penanganan. Penerapan PPKM mikro sangat efektif. Dampaknya menurunkan jumlah harian terkonfirmasi Covid-19,” terangnya.

Dia juga mengaku perbandingan hasil terapan PPKM Mikro berdampak besar. Secara penggunaan jumlah kapasitas Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 hampir 100 persen penuh. Pertambahan pasien terkonfirmasi positif tinggi, mencapai 15, hingga 20 pasien.

Baca Juga :  Tas Misterius di Duga Bom, Kepolisian Jaga Ketat Gedung DPRD Kota Kediri

“Dengan PPKM Mikro, tingkat kesembuhan pasien, semakin lama terus meningkat. Kemudian terkonfirmasi harian juga menurun, di Minggu terakhir ini sekitar 5, hingga 6 pasien. Sehingga sangat membantu memutus rantai penyebaran,” tambahnya.

Menurutnya untuk kebijakan PPKM Mikro ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Sama halnya, sebelumnya kebijakan ini diambil berdasarkan Surat Keputusan Kemendagri dan Gubernur. “Kemarin kedua. Dan ini perpanjangan yang ketiga. Penangangan dan kebijakan terkait dengan pembatasan kegiatan masyarakat. Masih sama, hanya waktu yang diperpanjang,” tutup Slamet.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait