PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 6 Wilayah Level 4 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 6 Wilayah Level 4
Petugas gabungan saat melakukan patroli keliling PPKM Darurat (Foto: Anggit/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 6 Wilayah Level 4

Satukanal.com, Nasional – Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar daerah Jawa-Bali selama dua pekan mulai 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

Perpanjangan PPKM tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Koordinator PPKM luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers Perkambangan PPKM secara virtual, Senin (4/10/2021) malam.

“Perpanjangan PPKM luar Jawa diusulkan untuk dua minggu ke depan, yaitu tanggal 5 sampai dengan 18”, ujarnya.

Dalam konferensi pers dirinya juga menyebut, masih ada 6 kota/kabupaten yang masih masuk ke dalam kategori PPKM level 4. Wilayah tersebut antara lain:

  1. Pidie,
  2. Bangka,
  3. Padang,
  4. Banjarmasin,
  5. Bulungan,
  6. Tarakan.

6 kabupaten/kota yang masih masuk dalam ketagori PPKM level 4 ini dikarenakan masih belum mencapai target yang ditentukan atau testing masih relatif terbatas, atau ada sedikit kenaikan tingkat kasus positif (positivity rate).

Airlangga juga mengatakan, terdapat 44 kabupaten/kota masuk ke dalam level 3, meningkat dari sebelumnya 108 daerah. Lalu, ada 292 kabupaten/kota diterapkan PPKM level 2 dari sebelumnya 249 daerah.

Baca Juga :  Ngotot Berjualan, PKL Meluber di Trotoar Kawasan Utara SLG

Selain itu, 44 kabupaten/kota untuk PPKM level 1 dari sebelumnya 19 kabupaten/kota. “Kemudian untuk PPKM level 1 ada di 44 kabupaten/kota, sebelumnya di 18 kabupaten/kota,” terangnya.

Diketahui, selama kebijakan tersebut, daerah PPKM level 1 restoran/rumah makan dan kafe diizinkan buka sampai pukul 22.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung paling banyak 75 persen dan waktu makan maksimal 60 menit.

Sedangkan restoran, rumah makan, atau kafe yang berada dalam gedung/toko atau area terbuka, baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mal di daerah PPKM level 3 dan 2 di Jawa-Bali diizinkan menerima dine in.

Namun, meskipun telah diizinkan menerima dine in, harus tetap menerapkan sejumlah pembatasan dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 50 persen. Seperti yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021 tentang PPKM Level 1-4 Jawa-Bali.

Baca Juga :  Selama Pandemi, Perceraian di Jombang Capai Ribuan Kasus

Sementara, bagi restoran/rumah makan, kafe dengan jam operasional malam hari dapat beroperasi dengan protokol kesehatan ketat mulai pukul 18.00 sampai dengan maksimal pukul 00.00 waktu setempat. Kemudian, kapasitas maksimal 25 persen, satu meja maksimal diisi oleh 2 orang, dan waktu makan maksimal 60 menit.

Untuk daerah level 4 Jawa-Bali restoran/rumah makan, kafe hanya diizinkan melayani take away. Sedangkan, di luar Jawa-Bali, restoran, rumah makan, dan kafe di wilayah PPKM level 1-4 diizinkan menerima dine in. Di wilayah PPKM level 4 dine in dibatasi sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 25 persen dan 2 orang per meja.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait