PPKM Level Diperpanjang, Ada Penyesuaian Aturan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM level (Foto: Ilustrasi Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

PPKM Level Diperpanjang, Ada Penyesuaian Aturan

Satukanal.com, Nasional– Pemerintah memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level. Sejumlah pelonggaran dan pengetatan aktivitas masyarakat pun diberlakukan.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 41 Tahun 2021, PPKM berlaku hingga 20 September 2021. Meski begitu, Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Pandjaitan mengatakan, situasi perkembangan Covid-19 di Jawa Bali terus mengalami perbaikan yang berarti.

“Seiring dengan kondisi situasi Covid-19 yang semakin baik, serta implementasi protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang terus berjalan, ada beberapa penyesuaian dan pengetatan aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan dalam PPKM,” kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (13/9/2021).

Baca Juga :  5 Jurus Irit Bensin Untuk Motor Matic, Wajib Dicoba!

Adapun penyesuaian aturan selama periode PPKM 14-20 September 2021. Dalam akturan ini disebutkan sejumlah pelonggaran dan pengetatan, diantaranya yaitu:

Pelonggaran aktivitas

  • Pembukaan bioskop dengan kapasitas 50% di kota level 2 dan 3, dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hanya kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk bioskop.
  • Penambahan pembukaan tempat wisata di kota level 3 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
Baca Juga :  Kasus Covid-19 Melandai, Simak Aturan Baru Bagi WNI/WNA yang Ingin Masuk RI

Pengetatan aktivitas

  • Mendorong kepatuhan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di lokasi industri yang belum maksimal penerapannya
  • Pemberlakukan kebijakan pelat nomor kendataan ganjil genap di kawasan wisata mulai Jumat pukul 12.00 hingga Minggu pukul 18.00.
  • Perjalanan dari luar negeri, pelaku perjalanan wajib vaksin, tes PCR 3 kali, dan karantina selama 8 hari. Pintu masuk dari luar negeri hanya lewat Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dan Sam Ratulangi Manado.

 

 

Pewarta : Adinda 

Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait