PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Syarat Terbaru Perjalanan dengan Pesawat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Syarat Terbaru Perjalanan Dengan Pesawat
Ilustrasi bandara saat PPKM (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Syarat Terbaru Perjalanan dengan Pesawat

Satukanal.com, Nasional – Syarat perjalanan penumpang pesawat terbang selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperpanjang pada Agustus 2021 kembali mengalami perubahan.

Syarat perjalanan naik pesawat terbang selama PPKM diperpanjang ini menjadi lebih ringan bagi calon penumpang pesawat. Diketahui, PPKM untuk wilayah Jawa dan Bali kembali diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Sedangkan PPKM di luar wilayah Jawa Bali diperpanjang hingga 23 Agustus 2021.

Menindaklanjuti Instruksi Mendagri Nomor 30, 31, dan 32 Tahun 2021 dan SE Satgas Nomor 17 dan 18 tahun 2021, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan penyesuaian dengan menerbitkan dua Surat Edaran Kemenhub khusus pada transportasi udara.

Melansir dari SE tersebut, ada sejumlah aturan baru bagi pelaku perjalanan udara dalam dan luar negeri. Kebijakan ini berlaku mulai 11 Agustus 2021 sampai waktu yang ditentukan kemudian. Simak aturannya :

Baca Juga :  Cegah Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo Minta Masyarakat Beri Watermark

1. Persyaratan naik pesawat untuk kategori PPKM Level 1 dan 2

  • Tidak diwajibkan melampirkan kartu vaksin
  • Pelaku perjalanan diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.

2. Persyaratan naik pesawat untuk kategori PPKM Level 3 dan 4

  • Wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama)
  • Pelaku perjalanan harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat penerbangan. Sedangkan, Rapid Test Antigen tidak berlaku.

Sementara itu, dalam Surat Edaran Nomor 57 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19, ditegaskan bahwa setiap penumpang transportasi udara bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing, dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 6M, yakni:

  1. Memakai masker
  2. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir
  3. Menjaga jarak
  4. Menjauhi kerumunan
  5. Mengurangi mobilitas
  6. Menghindari makan bersama
Baca Juga :  PTM di Jombang Bergulir Kembali, Pendidikan Karakter Jadi Unsur Utama Awal Sekolah

Para penumpang juga wajib mematuhi pengetatan protokol kesehatan perjalanan orang sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2021 :

  1. Penggunaan masker wajib dilakukan dengan benar menutupi hidung dan mulut Jenis masker yang digunakan oleh pelaku perjalanan adalah masker kain minimal 3 lapis atau masker medis
  2. Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan
  3. Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.
Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait