PPKM Level 3 Nataru, Kapasitas Mall Hingga Bioskop Kembali Dibatasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM Level 3 Nataru, Kapasitas Mall Hingga Bioskop Kembali Dibatasi
Suasana Sunrise Mall Kota Mojokerto (Foto: Hermansyah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

PPKM Level 3 Nataru, Kapasitas Mall Hingga Bioskop Kembali Dibatasi

Satukanal.com, Nasional – Masyarakat Indonesia dipastikan tidak akan mendapatkan libur panjang saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Tidak hanya itu, pemerintah juga mengumumkan bakal membatasi sejumlah kegiatan pada libur Nataru tahun ini.

Kebijakan ini diambil menyusul keputusan pemerintah yang akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3. Keputusan PPKM ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 dan Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021.

Baca Juga :  Terbukti Curang, 225 Peserta SKD CPNS 2021 Didiskualifikasi

Dengan adanya PPKM Level 3 ini, maka jam operasional pusat perbelanjaan dan jenis kegiatan yang boleh dilakukan di luar rumah pun mengalami penyesuaian.

Dikutip dari salinan Inmendagri, terdapat sejumlah kegiatan yang dilarang pada perayaan Tahun Baru 2022. Sejumlah kegiatan itu antara lain:

  • Perayaan pesta kembang api,
  • Pawai,
  • Arak-arakan,
  • Kegiatan lain yang mengumpulkan kerumunan besar.

Sementara, pemerintah nantinya akan memperpanjang jam operasional pusat perbelanjaan yang semula pukul 10.00-21.00 waktu setempat menjadi 09.00-22.00 waktu setempat untuk mencegah kerumunan pada jam tertentu.

Baca Juga :  Hati-hati, Ratusan Aplikasi Ini Dapat Sedot Pulsa Kamu!

Selain itu, kapasitas pengunjung pun diharuskan tidak melebihi 50 persen dari kapasitas total pusat perbelanjaan dan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat. Bioskop dapat dibuka dengan pembatasan kapasitas maksimal 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan demikian, PPKM Level 3 artinya bakal diketatkan agar mobilitas masyarakat dapat terkendali selama Nataru. Pemerintah akan terus mengakselerasi mekanisme gas dan rem untuk menangani pandemi Covid-19.

Editor : Naviska

Kanal Terkait