PPKM Kabupaten Malang, Wali Santri Pondok Pesantren Dilarang Berkunjung | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM Kabupaten Malang, Wali Santri Pondok Pesantren Dilarang Berkunjung
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

PPKM Kabupaten Malang, Wali Santri Pondok Pesantren Dilarang Berkunjung

SATUKANAL.com, MALANG– Seluruh  Pondok Pesantren di Kabupaten Malang dilaraang untuk menerima para wali santri yang ingin berkunjung. Hal tersebut disampaikan oleh Sanusi selaku Bupati Kabupaten Malang. Sanusi juga menghimbau agar kegiatan pembelajaran di lingkungan pondok pesantren dilakukan secara daring yag sesuai denga instruksi Mendagri (Menteri Dalam Negeri).

“Selama PPKM berlangsung, kunjungan wali murid kepda para santri di pondok pesantren dihentikan terlebih dahhulu, tidak ada kunjungan wali santri. Selain itu kegiatan belajar mengajar juga dilakukan secara daring atau online yang sesuai dengan instruksi Mendagri” tegasnya.

Sejak Senin (11/01/2021) kemarin, Kabupaten Malang telah menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). PPKM di Kabupaten Malang akan dilangsungkan hingga 25 Januari 2021 mendatang.

Dalam surat edaran nomor 016/PPRU/6849/A-1/1/2021, sedikitnya tertulis 4 kebijakan yang diberlakukan selama PPKM berlangsung. Ke empat poin itu meliputi :

  • Kunjungan santri (putra/putri) yang sejatinya diadakan pada 14 hingga 18 Januari ditiadakan
  • Kiriman berupa uang dilakukan via transfer melalui rekening pesantren
  • Kiriman berupa barang melewati petugas jaga, tanpa ada interaksi sedikitpun antara wali dan santri
  • Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Ponpes tidak menerima tamu.
Baca Juga :  Permintaan Rapid Antibodi dan Antigen Meningkat, PMI Kota Malang Perpanjang Jam Pelayanan

Untuk itu, rombongan Forkompimda dan institusi terkait menggelar silahturahmi ke pondok pesantren pada Senin (12/01/2021) serta melaukan patroli ke beberapa kafe yang ada di Kabupaten Malang. Hal itu dilakukan Forkopimda guna emmastikan PPKM yang diterapkan di Kabupaten Malang berjalan lancar tanpa adanya titik kerumunan yang dapat memicu penyebaran covid-19.

KH Muflih Zamachsyari selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Rifa’i 2 dalam kesempatan tersebut menyebutkan jika pelarangan kunjungan wali santri selama PPKM sudah diterapkan sesai dengan intruksi dari Forkopimda Kabupaten Malang. “Kunjungan Wali santri sudah kita berhentikan sementara dalam beberapa buan ini, sampai akhir bulan ini yaitu Januari 2021. Apalagi saat ini sedang PPKM,” terangnya.

Baca Juga :  Pemkot Malang: Perkantoran Diminta Lakukan Swab Mandiri Untuk Pegawainya

Selain itu, pihak pondok pesantren juga telah menyiapkan tempat isolasi khusu yang ditujukan apabila ada santri yang terpapar covid-19 di pesantren yang diasuhnya. “Kami sudah siapkan sejak awal, dari dulu sewaktu ada covid-19 sudah kita siapkan. Saat ini, hanya melanjutkan saja. Jadi kesiapan itu semua sudah ada dan juga sudah disiapkan ruang isolasi juga,” pungkasnya.

Sementara itu, beberapa pondok pesantren di Kabupaten Malang juga telah menerapkan PPKM sesuai dengan instruksi Mendagri nomor 1 Tahun 2021. Seperti halnya dengan Pondok pesantren Raudlatul Ulum 1, Desa Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait