PPKM Jombang Level 1, Satgas Sebut Berkat Percepatan Vaksinasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM Jombang Level 1, Satgas Sebut Berkat Percepatan Vaksinasi
Vaksinasi di Kabupaten Jombang (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

PPKM Jombang Level 1, Satgas Sebut Berkat Percepatan Vaksinasi

Satukanal.com, Jombang – Setelah beberapa pekan berada di level 2 PPKM, kini Kabupaten Jombang berubah status ke level 1. Satgas Covid-19 sebut kunci keberhasilan capaian tersebut diraih karena vaksinasi yang masif dilakukan sampai tingkat paling bawah.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Jombang, Budi Winarno mengatakan, kunci sukses Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang dalam menangani penyebaran Covid-19 di Kota Santri ini adalah dengan akselerasi vaksinasi.

“Percepatan pencapaian vaksinasi untuk lansia dan remaja kami maksimalkan dan meningkatkan tracing dan testing Covid-19 di Kabupaten Jombang,” ucapnya saat dikonfirmasi pada Selasa (21/9/2021).

Selain vaksinasi, pihak Pemkab juga mengoptimalkan isolasi terpusat (isoter) untuk tempat bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Hal tersebut dikatakannya dilakukan sebagai upaya menurunkan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang.

Baca Juga :  Peringati Hari Batik, KBP Kota Malang Gelar Festival Batik Ken Dedes

“Menerapkan inmendagri untuk semua aktifitas kegiatan masyarakat,” ucapnya.

Dilansir dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang per tanggal 20 September 2021, total kumulatif terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Jombang mencapai 12.224 Orang. Diantaranya 10.544 pasien dinyatakan sembuh, 1.551 jiwa meninggal dunia, 61 orang masih menjalani isolasi dan 68 pasien dalam perawatan.

Lebih lanjut, berubahnya status level PPKM Jombang ke 1 ini merupakan pertama kalinya. Artinya, jika satu daerah sudah menempati level 1, berarti tingkat penyebaran Covid-19 di tempat tersebut terbilang rendah.

Berdasarkan asesment Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), yang dirilis secara langsung di akun instagram pribadi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (21/9/2021). Ada 19 Kabupaten/Kota di Jatim yang berstatus PPKM level 1 termasuk Jombang.

Baca Juga :  Wilayah PPKM Level 2 - 3 Boleh Gelar Resepsi Pernikahan

“Alhamdulillah, kita tidak hentinya besyukur atas capaian ini dengan tetap disertai ikhtiar dan doa agar terus melandai dan terkendali,” ujar Khofifah Indar Parawansa seperti dikutip Satukanal.com di laman Instagramnya.

Meskipun sudah 50 persen daerah di Jatim sudah masuk PPKM level 1, Khofifah tidak hentinya mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Mohon tetap disiplin prokes dan percepatan vaksinasi ya. Terimakasih kerja keras dan kekompakan kita semua. InsyaAllah kita bisa. Ayo wujudkan Jatim bangkit. Salam sehat semangat sukses semua,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

    Kanal Terkait