PPKM Darurat, E-Parkir Ikut Melarat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM Darurat, E-Parkir Ikut Melarat
E-Parkir di Stadin Gajayana, Kota Malang (Foto: Chosa Setya/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

PPKM Darurat, E-Parkir Ikut Melarat

Satukanal.com, Malang – PPKM Darurat memberi dampak pada berbagai sektor. Salah satunya yakni pendapatan parkir elektronik atau E-Parkir di lingkungan Stadion Gajayana Malang.

Pasalnya, ditutupnya pusat perbelanjaan Mall Olympic Garden (MOG) yang berdampak besar terhadap perolehan retribusi E-Parkir yang diresmikan awal tahun 2021 itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyono mengungkapkan bahwa pendapatan parkir elektronik bisa dibilang merosot tajam hingga mencapai 100 persen.

Padahal, hari biasa parkir elektronik yang terpasang di pintu masuk barat Stadion Gajayana ini mampu memperoleh retribusi sebesar Rp 4 juta perharinya. “Namun saat PPKM Darurat Rp 0,” ujarnya.

Baca Juga :  Permintaan Plasma Konvalesan Kota Malang Menurun

Selain karena ditutupnya MOG, dihentikannya seluruh aktivitas di lingkungan olahraga Stadion Gajayana menjadi faktor utama tak adanya pemasukan dari E-Parkir. Dia pun tidak menampik jika dikalkulasikan pendapatan parkir elektronik Kota Malang bakal berpotensi mengalami kerugian.

Apalagi, retribusi parkir merupakan salah satu pemasukan kas daerah yang berbeda dari pajak daerah.  “Kalau pajak ada kerugian, misal saja target Rp 10 miliar, tapi tidak tercapai. Kalau pajak, dia diberi pelayanan atau tidak, ada potensi tercatat target pajak. Kalau retribusi tidak ada kerugian, beda ya,” terangnya.

Lebih lanjut, akibat fokus menjalankan kebijakan PPKM Darurat ini, pihaknya masih belum mengintegrasikan aplikasi E-Parkir dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang.

Baca Juga :  Pemkab Mojokerto Gelontorkan BST APBD Rp 4 Miliar Lebih Untuk KPM

“Belum, Jadi untuk program yang lain kita sisihkan dulu. Kita masih berkonsentrasi PPKM Darurat sampai tanggal 20, karena itu menentukan langkah kita kedepan seperti apa,” tambahnya.

Meski begitu, pihaknya mengaku ke depan sudah ada rencana penambahan titik E-Parkir, antara lain di RSUD Kota Malang, Terminal Arjosari sisi timur, dan di Gedung Kartini. “Di perencanaan ada titik lain, tapi kita nunggu evaluasi. Targetnya akhir tahun ini sudah mulai terpasang,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Adinda

    Kanal Terkait