PPKM Darurat Diperpanjang, Sutiaji : Kuncinya Di Masyarakat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPKM Darurat Diperpanjang, Sutiaji : Kuncinya Di Masyarakat
Walikota Malang, Sutiaji (Foto: ilustrasi/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

PPKM Darurat Diperpanjang, Sutiaji : Kuncinya Di Masyarakat

Satukanal.com, Malang – Pemerintah RI resmi mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali diperpanjang, untuk pemberlakuannya akan berlangsung hingga (25/7/2021) mendatang.

Menanggapi hal itu, Walikota Malang Sutiaji menyebut bahwa di masa perpanjangan kali ini, kunci maksimal penanganan Covid-19 berada di tangan masyarakat. “Menurut saya ini kuncinya di masyarakat. Kan mobilitas orang banyak, yang penting kamu pakai protokol kesehatan, jangan pernah buka masker, jangan kamu makan di luar,” ujar Sutiaji.

Politikus partai Demokrat itu menuturkan, terdapat kelonggaran bagi para kepala daerah untuk berinovasi dalam perpanjangan PPKM Darurat kali ini. Dia menambahkan akan segera berkoordinasi dengan pihak Kapolresta serta Dandim dalam pelaksanaan perpanjangan lima hari kedepan.

Baca Juga :  Percepatan Vaksinasi, Sutiaji Apresiasi ‘Jaksa Peduli’

“Habis ini juga menerima arahan secara detail dari Pak Menko Marves. Siangnya nanti dengan Pak Wakil Presiden. Kejelasannya nanti, tapi yang jelas nanti akan kami lakukan inovasi,” imbuhnya.

Sembari terus berupaya menanggulangi tren positif Covid-19, Sutiaji mengatakan pihaknya bakal lebih menguatkan kembali PPKM Mikro di tingkat RT/RW. Ke depan juga akan dilakukan pembatasan dan penyekatan yang bakal ditetapkan titiknya dalam waktu dekat.

Dengan diberlakukannya pembatasan dan penyekatan, maka mobilitas masyarakat akan terpantau dan  akan memudahkan tabulasi data persebaran Covid-19 di masyarakat.

Meski secara pribadi ia tak menghendaki adanya perpanjangan, Sutiaji menegaskan tetap mendukung penuh keputusan pemerintah pusat. Apalagi hasil penilaian dari penerapan PPKM Darurat dapat dilihat dalam kurun waktu satu minggu hingga 10 hari pasca penerapan PPKM Darurat.

Baca Juga :  Nekat Buka Saat PPKM, Tiga Pemilik Kafe di Jombang Terancam Denda 100 Juta

Disinggung mengenai pembatasan jam buka warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya, Alumnus IAIN itu mengatakan sesuai aturan yang ada yakni maksimal buka hingga pukul 21.00 WIB serta maksimum waktu makan setiap pengunjung 30 menit.

“Tapi kalau ada satu orang terpapar, tidak membutuhkan waktu 30 menit, hanya 15 detik sudah terpapar. Jadi intinya sesungguhnya kesadaran masyarakat untuk protokol kesehatan,” pungkas Sutiaji.

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Adinda

Kanal Terkait