PPDB SMA Jalur Prestasi Akademik Dibuka Semalam, Banyak Siswa Main Aman - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPDB SMA Jalur Prestasi Akademik Dibuka Semalam, Banyak Siswa Main Aman
ilustrasi PPDB Sekolah Menengah Atas/Foto: SMAN 1 Bululawang
BERITA Kanal Straight

PPDB SMA Jalur Prestasi Akademik Dibuka Semalam, Banyak Siswa Main Aman

Satukanal.com, Malang Dibuka mulai 01.00 dini hari, laman resmi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jatim Wilayah Kota Malang mulai diserbu para calon peserta didik jejang SMA melalui jalur prestasi akademik.

Hingga berita ini diturunkan, dari pantauan Satukanal.com pergeseran posisi peserta didik pada sekolah pilihan berlangsung cukup cepat.

Hasil keterangan Ayuningtyas, salah seorang siswa peserta PPDB Kota Malang melalui Jalur Prestasi Akademik, sejak mendaftar pukul 03.00 dini hari tadi, namanya sudah tergeser di sekolah yang berbeda.

“Gesernya cepat sekali. Jam 7 pagi tadi keterangannya saya masih sementara keterima di SMAN 5 Malang, jam 9 sudah geser lagi ke SMAN 1 Singosari. Siang ini sudah di SMAN 1 Bululawang,” ujar Tyas.

Dirinya mengaku, banyak siswa jalur prestasi akademik yang memilih untuk main aman. Dengan artian, banyak peserta yang memilih untuk menginput sekolah dengan passing grade nilai dibawah nilai yang telah dicapainya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesempatan mereka masuk di sekolah yang diinginkan.

“Jadi banyak siswa yang nilainya jauh dari passing grade. Contohnya seharusnya nilainya bisa masuk di sekolah yang lebih unggul tapi untuk mengurangi kemungkinan di tergeser dan tidak dapat sekolah favorit, maka mereka milih yang passing grade sekolahnya di bawah nilainya, bukan yang pas (sesuai),” imbuhnya

Baca Juga :  Masuki Musim Kemarau, DPURPKP Tetap Pantau Saluran Air

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Malang- Batu Ema Sumiati mengungkapkan banyak hal yang bisa terjadi dalam sistem PPDB. Namun, dia menegaskan untuk siswa tidak menyerobot jatah kuota yang ada di masing-masing jalurnya.

“Kalau sudah diterima di jalur prestasi akademik berarti langsung otomatis di blacklist dari jalur zonasi. Karena semua jalur sudah disiapkan kuotanya, jadi tidak boleh saling srobot,” ungkap Ema.

Sementara itu, Pengumuman hasil PPDB SMA Jalur Prestasi Akademik sendiri akan diumumkan pada 23 Mei mendatang. Kemudian disusul dengan pendaftaran PPDB SMK Jalur Zonasi pada 24 hingga 25 Mei 2021.

Pada penerimaan PPDB di jenjang SMK sejak jauh-jauh hari Ema telah mewanti-wanti untuk peserta didik tidak menumpang KK saat melakukan pendaftaran jalur zonasi nantinya.

Ema menjelaskan, PPDB tahun ini syarat minimal setahun tercatat dalam KK harus dipenuhi oleh peserta didik baru. “Calon peserta didik baru jenjang SMA atau SMK wajib terdaftar dalam KK yang diterbitkan paling singkat setahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB tahun 2021 dimulai,” imbuhnya

Baca Juga :  Wahyu Syahputra, Tak Miliki Ijazah Bukan Jadi Hambatan Kreatifitasnya

Disamping itu dia menambahkan, jika penerbitan kurang dari setahun, para peserta didik dapat menggantinya dengan surat keterangan domisili yang diterbitkan oleh lurah atau kepala desa.

Tak hanya itu, untuk peserta didik yang pindah KK karena pindah tempat tinggal. Maka, peserta didik merupakan anak kandung dengan keluarga pada KK tersebut. Jika tak memenuhi syarat ini, maka peserta didik akan didiskualifikasi oleh panitia.

Diakuinya, PPDB tahun ini pihaknya bakal lebih tegas soal hal administratif. Berkaca dari daerah lain dan tahun-tahun sebelumnya, dia melihat masih ada saja calon peserta didik baru yang menumpang KK. Padahal, hal itu sangat tidak direkomendasikan.

“Ini sudah tahun kelima pelaksanaan PPDB secara online, kami harap para orang tua dapat memahami serta mengikuti prosedur,” pungkas Ema.

 

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait