PPDB Jenjang SD, Dispendik Kabupaten Malang Siapkan 45.600 Pagu - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PPDB SD Kabupaten Malang Siapkan 45.600 Pagu
BERITA Kanal Highlight

PPDB Jenjang SD, Dispendik Kabupaten Malang Siapkan 45.600 Pagu

Satukanal.com, Malang – Memasuki tahun ajaran baru 2021-2022 di bulan Juli mendatang, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Malang mulai mempersiapkan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Malang 2021.

Diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dispendik Kabupaten Malang Ahmad Wahid, sistem PPDB tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini kurang lebih sama. Sistem zonasi tetap dominan untuk SD. Dari pagu yang disediakan 70 persen untuk jalur zonasi,” ujar Wahid.

Kabupaten Malang telah menyiapkan sebanyak 45.600 pagu bagi peserta didik jenjang SD yang terbagi dalam 3 sistem, yakni zonasi, afirmasi dan perpindahan tugas orangtua.

Baca Juga :  9.998 Keluarga Bakal Terima Bantuan Sosial Tunai

Pembagian prosentase masing-masing sistem meliputi, zonasi 70 persen, afirmasi 20 persen serta perpindahan orang tua sebanyak 5 persen.

Dari total pagu, sebanyak 41.248 untuk sekolah dasar berstatus negeri sedangkan sisanya berstatus swasta.

“Untuk pelaksanaannya sendiri dari keseluruhan tahap ada yang daring ada yang luring. Seperti verifikasi dan validasi itu dilakukan secara luring di sekolah masing-masing oleh petugas,” imbuhnya.

Recananya, PPDB Kabupaten Malang akan dilaksanakan pada 7 Juni mendatang yang dimulai dengan tahap pendaftaran.

Baca Juga :  Peduli IKM dan UKM Terdampak Covid-19, Wabup Serahkan Bantuan Sembako

Untuk pendaftaran sendiri dapat dilakukan secara daring atau luring sesuai dengan kebijakan setiap sekolah.

Dari keseluruhan tahap yang dilakukan tersebut, Dispendik Kabupaten Malang menghimbau sekolah maupun wali murid tetap menjaga prokes yang ada.

Meskipun Kemendikbud telah memberi lampu hijau sekolah tatap muka, namun segala kemungkinan bakal terjadi jika satuan pendidikan abai terhadap protokol kesehatan.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait