PP Baru, DLH Siap Monitoring Limbah Usaha - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PP Baru, DLH Siap Monitoring Limbah Usaha
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto (Foto: Chosa Setya/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

PP Baru, DLH Siap Monitoring Limbah Usaha

Satukanal.com, Malang – Menyusul diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) baru terkait limbah usaha, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang akan berupaya lebih untuk memperhatikan soal pengelolaan limbah yang dihasilkan.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Walikota Malang Sutiaji mengungkapkan, secara regulasi tidak ada perubahan yang signifikan. Hanya saja pada PP terbaru ini menekankan pada pengelolaan limbah agar lebih terstruktur.

“Di Kota Malang sendiri tentunya harus menyesuaikan, kalau dulu soal perizinan pengelolaan limbah kan harus ke ABC , padahal pada dasarnya pengelolaan limbah sebenarnya domain nya lebih ke masyarakat sendiri,” ujar Sutiaji, Selasa (15/6/2021) pada Satukanal.com.


Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto, menuturkan dalam hal perizinan penglolaan limbah di Kota Malang akan tetap melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Baca Juga :  Perpanjangan PPKM Darurat, Sutiaji Tegaskan Belum Ada Arahan Resminya

Dengan adanya PP ini, akan lebih mengedepankan peran DLH soal pengelolaan limbah usaha yang ada di Kota Malang. “Kalo dulu kan full semua di DPMPTSP sekarang disana hanya soal pengurusan perizinan nya saja. Dari DLH akan memberikan rekomendasi,” terang Wahyu.

Mantan Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang itu juga menjelaskan, secara garis besar tidak ada pembeda antara regulasi yang sebelumnya dengan PP Nomor 22 Tahun 2021 ini. Peraturan ini dibentuk untuk memperkuat fungsi DLH sebagai dinas yang memiliki kewenangan terhadap pengelolaan limbah masyarakat.

Mendukung hal tersebut, DLH Kota Malang juga menggandeng CV Kawan Sejati guna mendukung pengelolaan Intalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

Baca Juga :  10 Hari, 94 Penindakan Selama PPKM Darurat

Business Development CV Kawan Sejati Rey Zebua, mengungkapkan sebagai perusahaan publikasi konsultan untuk masalah pengelolaan limbah medis dan non medis, pihaknya memberikan edukasi bahwa IPAL merupakan tanggung jawab moral dari perusahaan atau pelaku usaha ke masyarakat atau lingkungan.

“Jadi kami hadir sebagai konsultan yang juga melayani revitalisasi IPAL yang sudah ada tapi tidak efektif,” jelas Rey.

Rey juga menjelaskan, dalam hal ini kerjasama pihaknya dengan DLH Kota Malang, sebagai perusahaan pendukung dalam pengelolaan IPAL. Terlebih dalam hal pemaksimalan pelaksanaan program IPAL yang tengah gencar digalakkan DLH Kota Malang.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait