Potret Pembelajaran Awal Semester di Tengah PPKM Darurat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Potret Pembelajaran Awal Semester di Tengah PPKM Darurat
Salah satu siswa SMA di Kota Malang yang melakukan Pembelajaran secara daring (Foto: Chosa Setya/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Potret Pembelajaran Awal Semester di Tengah PPKM Darurat

Satukanal.com, Malang Usai santer direncanakan bakal memulai semester ganjil tahun ini dengan pembelajaran tatap muka (PTM), para siswa harus kembali gigit jari. Pasalnya dengan diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, terpaksa rencana PTM semester ini harus kembali ditangguhkan.

Lantas bagaimana potret para siswa menjalani pembuka semester di tengah PPKM Darurat ?

Salah satunya terlihat di SD Negeri Kasin Kota Malang yang telah melakukan uji coba tata muka beberapa waktu lalu, kini para siswa harus kembali melakukan pembelajaran secara daring. Termasuk para siswa baru yang sedang dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kepala Sekolah SD Negeri Kasin Kota Malang, Budi Hartono SPd mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan dengan matang segala keperluan untuk PTM.  “Waktu itu sudah siap semua, kemudian dari pemerintahan kota (Pemkot) menginstruksikan untuk PPKM Darurat. Akhirnya kami langsung buat edaran pembelajaran disini kembali secara daring,” ujar Budi.

Baca Juga :  Malber, Solidaritas Masyarakat untuk Warga Isoman di Kota Malang

Kepada Satukanal.com, dia menuturkan keputusan yang dibuatnya disambut baik oleh wali murid. Meski banyak yang menyayangkan karena harus kembali daring, namun wali murid sudah legowo demi keselamatan putra-putri mereka. Apalagi, ditambah dengan makin meningkatnya tren positif Covid-19 di Kota Malang.

Soal siswa baru, tentunya SD Negeri Kasin punya trik tersendiri dalam mengenalkan lingkungan sekolahnya. Staf kurikulum sekaligus walikelas 5 SD Negeri Kasin, Laila Miftahul Zanah menambahkan, dalam 3 hari ke depan pihaknya bakal lebih fokus untuk meningkatkan minat dan motivasi berlajar siswa.

Ia mengatakan untuk siswa baru, pembelajaran akan didominasi dengan pengenalan melalui video pembelajaran.  “Kita lebih banyak ajak siswa nonton film bersama dan mengenalkan bagaimana menyenangkannya belajar daring. Selain anak termotivasi juga agak mereka tidak mudah jenuh. 3 hari ke depan kita sama sekali tidak memberikan mereka tugas,” timpalnya.

Baca Juga :  Subtitusi Pakan, Cara Terbaik Secret Zoo Bertahan di Tengah Pandemi

Begitu halnya dengan salah seorang wali murid dari SMA Laboratorium Kota Malang, Titik Setyowati yang ditemui secara terpisah mengungkapkan, meski sempat sedikit kecewa akibat kembali harus pembelajaran daring, dia mengaku lega.

Menurutnya, jika memaksakan untuk melakukan PTM, ditakutkan makin membahayakan bagi siswa. Apalagi, saat ini vaksin bagi anak belum sepenuhnya berjalan.  “Apalagi anak saya yang masih sekolah kan 2, satunya masih PAUD. Bahaya kalau langsung masuk tatap muka dengan kondisi Covid-19 seperti ini,” jelasnya.

Senada dengan yang disampaikan Budi, Tutik pun berharap pandemi Covid-19 segara mereda. Bukan tanpa alasan, pasalnya PTM memang harus segara diberlakukan. Selain prestasi belajar siswa yang makin merosot, kejenuhan yang menyerebak di benak para siswa makin hari juga makin mengkhawatirkan.

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Adinda

Kanal Terkait